Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Etnomatematika Kapal Majapahit Materi Geometri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD
Development of Interactive E-LKPD Based on Ethnomathematics of Majapahit Ship Geometry Materials to Improve Creative Thinking Skills of Elementary Students
Annisa Rizqi Hendrada Putri. 2024. Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Etnomatematika Kapal Majapahit Materi Geometri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Wiryanto, M.Si., dan (II) Prof. Rooselyna Ekawati, Ph.D.
Kata kunci : Pengembangan E-LKPD interaktif, Etnomatematika Kapal Majapahit, Berpikir Kreatif.
Peserta didik usia kelas lima sekolah dasar secara formal peserta didik mulai memasuki dunia yang lebih luas dengan budayanya di mana adanya keseimbangan antara struktur kognisi terhadap pengalaman yang dialaminya pada sebuah lingkungan. Disisi lain, tantangan global menuntut siswa untuk melek teknologi dan memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, maka anak perlu mengembangkan dirinya melalui pengalaman – pengalaman baru di sekolah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD interaktif berbasis etnomatematika pada materi geometri dan mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan, serta keefektifannya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik sekolah dasar.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Lengkong 2, Kecamatan Mojoanyar, Kota Mojokerto pada semester 1 tahun pelajaran 2024-2025. Sampel penelitian yang digunakan yaitu kelas V. Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasi, dan Evaluation).
Hasil pengembangan produk E-LKPD interaktif dapat diakses pada https://s2dikdas.fip.unesa.ac.id/page/vilab-matematika. Pada Hasil penelitian menunjukkan: E-LKPD dapat dikembangkan memenuhi kriteria (1) kelayakan, hasil dari penilaian validator terhadap E-LKPD interaktif memperoleh kategori sangat baik dengan persentase kevalidan pada materi, LKPD, sejarah dan tes kreativitas sebesar 90,6%, kepraktisan, hal ini dibuktikan oleh kuesioner guru dan siswa terhadap keterlaksanaan proyek serta aktivitas peserta didik dengan persentase sebesar 94%, keefektifan, berdasarkan hasil pre-test dan post-test dengan persentase ketuntasan klasikal 96% dengan gain tinggi yakni 0,743. (2) Hasil uji kemampuan keterampilan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah matematis menunjukkan adanya indikator berpikir kreatif yang meningkat setelah menggunakan produk yakni bertambahnya keorisinalitasan/kebaruan, selain itu tingkat berpikir kreatif yang meningkat dari modus siswa yang memiliki tingkat berpikir cukup kreatif hingga menjadi sangat kreatif. Berdasarkan hasil observasi, rekapitulasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan Tingkat berpikir kreatif siswa Dalam pemecahan masalah matematis mencapai 91% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, E-LKPD interaktif yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alternatif lembar kerja dalam pelaksanaan pembelajaran matematika materi geometri kelas V sekolah dasar sehingga penelitian ini mempertegas pentingnya pengintegrasian unsur budaya dan teknologi dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, termasuk berpikir kreatif. (4) Penelitian peneliti/guru model dapat mencari literatur yang lebih mendalam terkait upaya pembelajaran berdiferensiasi yang lebih ideal.
Annisa Rizqi Hendrada Putri. 2024. Development of Interactive E-LKPD Based on Ethnomathematics of Majapahit Ship Geometry Material to Improve Creative Thinking Skills of Elementary Students. Thesis, Basic Education Study Program, Postgraduate Program, Surabaya State University, Supervisor: (I) Prof. Dr. Wiryanto, M.Si., and (II) Prof. Rooselyna Ekawati, Ph.D.
Keywords: Interactive E-LKPD development, Ethnomathematics of Majapahit Ship, Creative Thinking.
Learners in the fifth grade of elementary school formally begin to enter a wider world with their culture where there is a balance between the structure of cognition to the experiences they experience in an environment. On the other hand, global challenges require students to be technologically literate and have high-level thinking skills. To answer these needs, children need to develop themselves through new experiences at school that are in accordance with the times. This study aims to develop ethnomathematics-based interactive E-LKPD on geometry material and describe its feasibility, practicality, and effectiveness in improving the creative thinking skills of elementary school students.
This research was conducted at SD Negeri Lengkong 2, Mojoanyar District, Mojokerto City in the first semester of the 2024-2025 learning year. The research sample used was class V. The development used in this research is the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation).
Results of E-LKPD product development interactive can be accessed at https://s2dikdas.fip.unesa.ac.id/page/vilab-matematika. The research results show: E-LKPD can be developed to meet the criteria: (1) feasibility, results of validator assessment of interactive E-LKPD obtained a very good category with a percentage of validity in the material, LKPD, history and a test of creativity amounting to 90.6%, practicality, this is proven by teacher and student questionnaires on project implementation and student activities with percentages of 94%, effectiveness, based on pre-test and post-test results with a classical completion percentage of 96% with
high gain, namely 0.743. (2) Creative thinking ability test results in solving mathematical problems shows the presence of indicators of creative thinking which increases after using the product, namely increase originality/novelty, in addition to an increased level of creative thinking from the mode of students who have a fairly creative level of thinking to becoming very creative. Based on the results of observations, recapitulation of learning activities carried out by teachers to increase students' level of creative thinking In solving mathematical problems, it reached 91% in the very good category. The interactive e-LKPD developed can be used as an alternative worksheet in implementing mathematics learning for fifth grade elementary school geometry material so that this research emphasizes the importance of integrating cultural and technological elements in improving high-level thinking skills, including creative thinking. (4) Research researchers/model teachers can look for more in-depth literature related to more ideal differentiated learning efforts.