Keterampilan membaca adalah suatu kegiatan interaktif untuk memetik serta memahami arti yang terkandung di dalam bahan tulis. Mempelajari membaca sangat dibutuhkan untuk mempelajari bahasa, tetapi sebagian peserta didik kurang berminat terhadap keterampilan membaca dan belum dijadikan kebiasaan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Pembelajaran keterampilan membaca di SMAN 1 Driyorejo sering digunakan. Namun berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan, peserta didik masih mengalami kesulitan dalam pelafalan maupun memahami bacaan, menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan, dan penggunaan metode pembelajaran dalam keterampilan membaca kurang bervariasi. Strategi pembelajaran CIRC merupakan salah satu strategi pembelajaran yang tepat untuk mempermudah peserta didik meningkatkan keterampilan membaca bahasa jerman dan memahami bacaan serta menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan, dan membaca pemahaman dibutuhkan untuk memudahkan peserta didik memahami bacaan. Strategi pembelajaran ini merupakan strategi pembelajaran kooperatif yang berkontribusi positif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana respon peserta didik kelas XI semester 1 SMAN 1 Driyorejo dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa jerman dengan strategi pembelajaran CIRC”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil respon peserta didik terhadap penerapan strategi pembelajaran CIRC untuk keterampilan membaca bahasa jerman. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif berbentuk deskriptif. Data diperoleh dari hasil tangapan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran CIRC mendapatkan respon positif atau sangat baik dari peserta didik. Hasil dari penelitian berupa angket respon belajar peserta didik terhadap proses pembelajaran setelah diberikan strategi pembelajaran CIRC. Peserta didik merespon kegiatan pembelajaran dengan strategi pembelajaran CIRC, pada pernyataan nomer 1,3,5,7,9,11,13,15,17, dan 19 pilihan Sangat Setuju sebanyak 51, Setuju 267, Tidak Setuju 39, dan Sangat Tidak Setuju 3. Sedangkan pada pernyataan nomer 2,4,6,8,10,12,14,16,18, dan 20 sebanyak 40 Sangat Tidak Setuju, 279 Tidak Setuju, 37 Setuju, dan 4 Sangat Setuju. Berdasarkan analisis data hasil respon belajar peserta didik, respon positif yang diberikan peserta didik sesuai dengan strategi pembelajaran CIRC untuk pembelajaran keterampilan membaca. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran CIRC dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan memahami bacaan peserta didik kelas XI IPA 4 SMAN 1 Driyorejo.
Reading skills are an interactive activity to pick and understand the meaning contained in the written material. Reading skills required for learning languages, but some students are less interested in reading skills and has not become a habit in the teaching and learning process in schools. Reading skills at SMAN 1 Driyorejo are often used. But based on the results of interviews and observations. Students are still experience difficulty in pronunciation, to understand text, answer questions based on text, and the use of learning methods in reading skills is less varied. CIRC learning strategy is one of the correct techniques allowing the student to improve their reading skills in German and to understand text or answers questions based on text. Reading comprehension is needed to make it easier for students to understand text. This learning strategy is a collaborative learning method that helps to achieve learning goals. The problem of this research "how is the Respons the students of the SMAN 1 Driyorejo in the first semester class XI, when they learn German reading skills with the CIRC learning strategy". The aim of this research is to describe the results of students' responses to the application process of the CIRC learning strategy for German reading skills. The examination method is qualitative with a descriptive approach. Data obtained from the answers of the students through questionnaires. The result of this research shows that the CIRC learning strategy received a positive response or very good from students. The result of the research was in the form of questionnaires on the students' responses to the learning process after being given the CIRC learning strategy. The students respond to learning activities with the CIRC learning strategy, in the statement number 1,3,5,7,9,11,13,15,17, and 19 “Very Agree” choice is 51, “Agree” choice is 267, “Disagree” choice is 39, and “Very Disagree” choice is 3. While in the statement number 2,4,6,8,10,12,14,16,18, and 20 “Very Disagree” choice is 40, “Disagree” choice is 279, “Agree” choice is 37, and “Very Agree” choice is 4. Based on data analysis of students' learning responses, positive responses given by students are in accordance with the CIRC learning strategy for reading skills It can be concluded that CIRC learning strategy can be used to improve reading skills and to understand text of class students XI IPA 4 SMAN 1 Driyorejo.