EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PJOK SECARA DARING BERDASARKAN PERSEPSI SISWA
ONLINE LEARNING EFFECTIVENESS BASED ON STUDENT'S PERCEPTION
Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) atau virus corona telah banyak mengubah tatanan kehidupan masyarakat di dunia termasuk di Indonesia. Pendidikan menjadi salah satu sektor yang terdampak sehingga mengharuskan perubahan pada penyelenggaraan proses pendidikan dari pertemuan tatap muka menjadi daring. Dalam situasi pandemi, pembelajaran daring memang tidak bisa dihindari. Namun agar pembelajaran efektif, maka kreativitas dan inovasi guru PJOK menjadi penting untuk dilakukan. Hal ini dilakukan supaya peserta didik mudah menerima pembelajaran dan tidak merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) secara daring berdasarkan persepsi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 2 Madiun yang berjumlah 200 siswa. Sampel diambil sebanyak 107 siswa, terdiri dari 35 laki-laki dan 72 perempuan. Pengumpulan data menggunakan angket pembelajaran daring yang disebarkan melalui google form dan analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PJOK secara daring dinilai siswa tidak efektif bahkan cenderung dipersepsi negatif. Dari 10 aspek yang dinilai, skor rata-rata sebesar 4,99 dari skala 1-10. Dari aspek gender, siswa perempuan lebih memberikan penilaian positif dibandingkan dengan siswa laki-laki dengan nilai T sebesar 2,216 pada signifikansi 0,029.
Corona virus which is widely known as Corona Virus Disease (Covid-19) has altered the way of live of worldwide society including in Indonesia. Education is one of the sectors that is affected, which necessitates a change in the implementation of the education process from face-to-face meetings to online. In a pandemic situation, online learning is inevitable. However, for effective learning, the creativity and innovation of physical education teachers is important to do. This is done so that students easily accept learning and do not feel bored. This study aims to determine the effectiveness of online physical education learning based on student perceptions. This type of research is a quantitative descriptive study with a survey method. The population of this study were students of class XI SMAN 2 Madiun wich amounted to 200 students. The sample was taken as many as 107 students, consisting of 35 male and 72 female. Data collection used an online learning questionnaire distributed via google form and data analysis was carried out with descriptive statistics and the T test. The results showed that online physical education learning was considered by students to be ineffective and even tended to be perceived as negative. Of the 10 aspects assessed, the average score was 4.99 on a scale of 1-10. From the gender aspect, female students gave more positive ratings compared to male students with a T value of 2.216 at a significance of 0.029.