ABSTRAK
Safiri, Inda. 2019. Kreativitas Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Pola Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Tesis, Universitas Negeri Surabaya, Pasca Sarjana, Program Studi S2 Pendidikan Matematika. Pembimbing (I) Dr. Pradnyo Wijayanti,M.Pd, Pembimbing (II) Dr. Hj.Masriyah, M.Pd.
Kata Kunci: Kreativitas, Masalah Pola Matematika, Kecerdasan Emosional
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas siswa SMP yang memiliki kecerdasan emosional kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi diri dalam menyelesaikan masalah pola matematika. meliputi kemampuan dalam menyelesaikan masalah pola matematika yang diperoleh dari pembelajaran, pengalaman, atau pengetahuan yang telah didapatkan sebelumnya dan dinilai menggunakan tiga indikator yakni fluency, flexibility, dan originality
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa kelas VIII-A MtsN Jombang tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data digunakan tes dan wawancara. Tes masalah pola matematika terlebih dahulu dilakukan validasi oleh 1 dosen matematika UNESA dan 1 dosen matematika UNHASY Jombang. Sedangkan tes kecerdasan emosional validasi oleh 1 dosen Bimbingan dan Konseling UNDAR Jombang. Sedangkan wawancara digunakan jenis semi-structured, untuk menguji kevalidan data wawancara dilakukan uji triangulasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama adalah strategi-strategi yang digunakan oleh para siswa untuk menyelesaikan masalah pola matematika meliputi counting, explicit, dan rekursif. Informasi kedua adalah data kreativitas dari siswa SMP yang memiliki kecerdasan emosional pengendalian diri, kreativitas siswa SMP yang memiliki kecerdasan emosional kesadaran diri dan kreativitas siswa SMP yang memiliki kecerdasan emosional motivasi diri.
Berdasarkan hasil analisa data dapat diketahui bahwa siswa yang paling banyak menunjukkan indikator kreativitas, meliputi fluency, flexibility, dan originality, adalah siswa yang memiliki kecerdasan emosional motivasi diri. Di samping itu juga dapat disimpulkan bahwa ada faktor selain kecerdasan emosional aspek kecakapan pribadi yang dapat mempengaruhi kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah pola matematika. Saran pertama, perlu adanya latihan-latihan aneka macam pola matematika untuk memperkaya pengetahuan siswa SMP tentang strategi-strategi menyelesaikan masalah pola matematika. Saran kedua, perlu adanya stimulus untuk meningkatkan kreativitas siswa SMP dalam menyelesaikan masalah. Saran ketiga, pendidik perlu memberikan stimulus di kegiatan pembelajaran ataupun sekolah untuk memunculkan motivasi diri kepada para siswa SMP.
ABSTRACT
Safiri, Inda. 2019. Middle School Student Creativity in Solving Problems in Mathematical Patterns in terms of Emotional Intelligence. Thesis, Surabaya State University, Post-Graduate, Mathematics Education Study Program. Advisor (I) Dr. Pradnyo Wijayanti, M.Pd, Supervisor (II) Dr. Hj.Masriyah, M.Pd.
Keywords: Creativity, Mathematical Pattern Problems, Emotional Intelligence
This study aims to describe the creativity of junior high school students who have emotional intelligence, self-awareness, self-control, self-motivation in solving mathematical patterns problems. includes the ability to solve problems of mathematical patterns obtained from learning, experience, or knowledge that has been obtained previously and assessed using three indicators namely fluency, flexibility, and originality
This research is a descriptive study with a qualitative approach. The subjects in this study were three students of class VIII-A MtsN Jombang in the 2018/2019 school year. Data collection techniques used tests and interviews. The mathematical problem problem test is firstly validated by 1 UNESA mathematics lecturer and 1 UNHASY Jombang mathematics lecturer. While the validation of emotional intelligence tests by 1 lecturer of Guidance and Counseling UNDAR Jombang. While the interview used a semi-structured type, to test the validity of the interview data triangulation tests were conducted. The data obtained from this study are as follows: first are the strategies used by students to solve mathematical pattern problems including counting, explicit, and recursive. The second information is creativity data from junior high school students who have emotional intelligence of self-control, creativity of junior high school students who have emotional intelligence of self-awareness and creativity of junior high school students who have emotional intelligence of self-motivation.
Based on the results of data analysis, it can be seen that the students who show the most indicators of creativity, including fluency, flexibility, and originality, are students who have emotional intelligence, self-motivation. In addition it can also be concluded that there are factors other than emotional intelligence aspects of personal skills that can affect student creativity in solving mathematical patterns problems. The first suggestion is that there should be exercises in various kinds of mathematical patterns to enrich junior high school students' knowledge about strategies to solve mathematical pattern problems. The second suggestion is that there is a need for stimulus to increase junior high school students' creativity in solving problems. The third suggestion, educators need to provide stimulus in learning activities or schools to bring out self-motivation to junior high school students.