The Influence of the Project Based Learning Model on Student Learning Outcomes in Digital-Based Document Material for Class X MPLB SMKN Mojoagung
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya 25,5% siswa yang gagal mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran dokumen berbasis digital yang tercermin pada nilai PTS Semester 1 kelas X MPLB SMKN Mojoagung. Hasil observasi menunjukkan bahwa kelas X mengikuti kurikulum merdeka. Namun proses pengajaran materi dokumen digital masih menggunakan metode konvensional atau ceramah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dokumen berbasis digital kelas X MPLB. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan desain pre-test dan post-test with non-equivalent control-group. Hasil analisis Independent Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 yang artinya model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dokumen berbasis digital kelas X MPLB SMKN Mojoagung.
This research was motivated by the existence of 25.5% of students who failed to achieve the Minimum Completeness Criteria (KKM) score in digital-based document subjects which was reflected in the PTS Semester 1 class X MPLB SMKN Mojoagung scores. The observation results show that class X follows the independent curriculum. However, the process of teaching digital document material still uses conventional methods or lectures. The aim of this research is to determine the effect of the project-based learning model on student learning outcomes in class X MPLB digital-based document subjects. This research is a Quasi Experimental research with a quantitative approach, using a pre-test and post-test design with non-equivalent control-group. The results of the Independent Sample T-Test analysis show a significance value (2-tailed) of 0.001 < 0.05, which means that the project-based learning model has a significant effect on student learning outcomes in digital-based document subjects for class X MPLB SMKN Mojoagung.