PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH (MAM) TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
THE EFFECT OF MAKE A MATCH (MAM) TYPE COOPERATIVE LEARNING ON STUDENTS' ENGLISH VOCABULARY MASTERY IN CLASS IV ELEMENTARY SCHOOL
Pembelajaran kooperatif tipe make a match adalah tipe pembelajaran kooperatif yang melibatkan permainan membuat pasangan dengan memanfaatkan kartu dalam menentukan pasangan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris sekolah dasar terutama pada materi How Do You Go to School? di kelas IV sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Metode tes dengan instrumen berupa pretest dan posttest digunakan dalam teknik pengambilan data. Hasil uji hipotesis dilakukan dengan uji non parametrik Mann Whitney dengan berbantukan program SPSS25. Hasil pengujian Mann Whitney menunjukkan nilai Asymp,Sig,(2-tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,014 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak sehingga dapat dinyatakan adanya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap penguasaan kosakata Bahasa Inggris Sekolah Dasar. Uji peningkatan penguasaan kosakata dilakukan dengan Uji N-Gain dengan perolehan skor N-Gain 0,70 pada kelas eksperimen yang menunjukkan hasil peningkatan ada pada kategori tinggi.
Make a match type cooperative learning is a type of cooperative learning that involves a game of making pairs by using cards to determine partners. The research was conducted to determine the effect of make a match type cooperative learning on target school English vocabulary mastery, especially on the material How Do You Go to School? in fourth grade of elementary school. The approach used is quantitative with a Nonequivalent Control Group Design research design. The test method with instruments in the form of pretest and posttest is used in data collection techniques. Hypothesis test results were carried out using the Mann Whitney non-parametric test with the help of the SPSS25 program. The results of the Mann Whitney test show that the Asymp, Sig, (2-tailed) value is less than 0.05, namely 0.014, which means that Ha is accepted and H0 is rejected so that it can be stated that there is an influence of make a match type cooperative learning on elementary school English vocabulary mastery. The test for increasing vocabulary mastery was carried out using the N-Gain Test with an N-Gain score of 0.70 in the experimental class which showed the improvement results were in the high category.