Analysis of Principals' Learning Supervision Competencies to Realize Teacher Professionalism in North Central Timor District
ABSTRAK
Usboko Cornelis, Wilibrordus. 2024. Analisis Kompetensi Supervisi Pembelajaran Kepala Sekolah untuk Mewujudkan Profesionalitas Guru di Kabupaten Timor Tengah Utara. Disertasi. Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Prof. Murtadlo, M.Pd., dan (II) Dr. Nunuk Hariyati, M.Pd.
Keywords: kompetensi supervisi pembelajaran, kepala sekolah, profesionalitas guru.
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menganalisis kompetensi supervisi pembelajaran kepala sekolah dalam upaya mewujudkan profesionalitas guru di tingkat sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi. Peneliti sebagai instrumen utama. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan kunci yakni kepala sekolah. Analisis data menggunakan analisis interpretatif fenomenologi. Pengecekan keabsahan data menggunakan empat kriteria yakni kredibilitas, transferabilitas, kebergantungan, dan konfirmabilitas.
Temuan menunjukkan bahwa pertama, pengetahuan yang dimiliki oleh kepala sekolah mengenai konsep supervisi pembelajaran belum sepenuhnya sesuai dengan konsep teoritis yang memadai. Pengetahuan kepala sekolah bersumber pada pengalaman dan instrumen supervisi pembelajaran. Kedua, keterampilan interpersonal yang dimiliki dan diimplementasikan mengarah pada pendekatan psikologi dan pendekatan hati dengan melihat pada karakter guru. Ketiga, keterampilan teknis yang dimiliki oleh kepala sekolah mengarah pada penilaian yang telah disiapkan dalam instrumen supervisi pembelajaran dan berdasarkan hasil evaluasi siswa terhadap guru. Keempat, hasil yang diperoleh yakni guru mengumpulkan perangkat pembelajaran, namun ada perencanaan pembelajaran yang belum direvisi, guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana pembelajaran yang disiapkan, refleksi pembelajaran belum ada; inisiatif guru untuk mencari informasi baru masih kurang, karya inovasi dan prestasi kompetisi guru belum ada.
Temuan penelitian berimplikasi terhadap proses rekrutmen dan penetapan kepala sekolah, pengembangan keprofesian kepala sekolah, dan pengembangan kompetensi pengawas dalam mendampingi kepala sekolah. Adapun rekomendasi pengembangan kompetensi supervisi pembelajaran kepala sekolah yakni pertama, kualitas input yang mencakup pengetahuan, keterampilan interpersonal, dan keterampilan teknis; kedua, kualitas process yang menunjukkan adanya pengembangan keprofesian kepala sekolah melalui pendampingan dari pengawas yang berkualitas dan adanya pelaksanaan diklat/workshop/seminar; ketiga, kualitas output yang menggambarkan kompetensi kepala sekolah yang diharapkan, dan kualitas outcome yang menggambarkan profesionalitas guru yang ingin dicapai.
ABSTRACT
Usboko Cornelis, Wilibrordus. 2024. Analysis of Principals' Learning Supervision Competencies to Realize Teacher Professionalism in North Central Timor District. Dissertation. Department of Education Management, Faculty of Education, Surabaya State University. Supervisor: (I) Prof. Murtadlo, M.Pd., and (II) Dr Nunuk Hariyati, M.Pd.
Keywords: learning supervision competence, principal, teacher professionalism.
The purpose of this study is to analyse the learning supervision competencies of school principals in an effort to achieve teacher professionalism at the senior high school level. This research uses qualitative methods with phenomenological research design. The researcher as the main instrument. Research data were obtained through observation, interviews, and documentation studies. The key informant is the principal. Data analysis used phenomenological interpretative analysis. Data validity checking uses four criteria, namely credibility, transferability, dependability, and confirmability.
The findings show that first, the knowledge possessed by school principals regarding the concept of learning supervision is not fully in accordance with adequate theoretical concepts. Principals' knowledge is based on experience and learning supervision instruments. Second, the interpersonal skills that are owned and implemented lead to a psychological approach and a heart approach by looking at the teacher's character. Third, the technical skills possessed by principals lead to assessments that have been prepared in the learning supervision instrument and based on the results of student evaluations of teachers. Fourth, the results obtained are that teachers collect learning tools, but there are lesson plans that have not been revised, teachers carry out learning in accordance with the prepared lesson plans, learning reflections do not yet exist; teacher initiative to seek new information is still lacking, innovation work and teacher competition achievements do not yet exist.
The research findings have implications for the recruitment and appointment process of school principals, principalsā professional development, and the development of supervisorsā competence in assisting school principals. The recommendations for the development of principals' learning supervision competencies are first, the quality of input which includes knowledge, interpersonal skills, and technical skills; second, the quality of the process which shows the professional development of principals through mentoring from qualified supervisors and the implementation of training/workshops/seminars; third, the quality of output which describes the expected competence of principals, and the quality of the outcome which describes the professionalism of teachers to be achieved.