Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Mencegah Miskonsepsi pada Materi Hidrolisis Garam
Development of Interactive Multimedia to Prevent Misconceptions in Salt Hydrolysis Materials
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan multimedia interaktif yang digunakan untuk mencegah miskonsepsi pada materi hidrolisis garam ditinjau dari validasi isi dan konstruk. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan model ADDIE dengan metode Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch dan dibatasi pada tahap implementasi. Uji coba atau implementasi produk dilakukan di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo dengan subjek penelitian 20 siswa kelas XI MIPA 3. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh persentase validitas konstruk sebesar 86,8% dan validitas isi sebesar 85,8%, keduanya termasuk dalam kategori sangat valid. Persentase kepraktisan multimedia interaktif dari angket respon siswa sebesar 86,3% dan angket observasi sebesar 89%, keduanya termasuk dalam kategori sangat praktis. Persentase efektivitas yang diperoleh dari hasil belajar siswa sebesar 83,4% yang termasuk dalam kategori sangat efektif. Berdasarkan ketiga tinjauan multimedia interaktif tersebut, dapat dinyatakan layak sebagai media untuk mencegah miskonsepsi siswa pada materi hidrolisis garam.
The study aims to determine the feasibility of interactive multimedia used to prevent misconceptions in salt hydrolysis material in terms of content and construct validation. This type of research is the research and development of the ADDIE model Research and Development (R&D) method developed by Robert Maribe Branch and is limited to the implementation stage. The trial or product implementation was carried out at SMAN 1 Gedangan Sidoarjo with research subjects 20 students of class XI MIPA 3. The results of the research that had been carried out obtained a percentage of construct validity of 86.8% and content validity of 85.8%, both of which were included in the category very valid. The percentage of interactive multimedia practicality from student response questionnaires is 86.3% and observation questionnaires is 89%, both of which are included in the very practical category. The percentage of effectiveness obtained from student learning outcomes is 83.4% which is included in the very effective category. Based on the three reviews of interactive multimedia, it can be declared feasible as a medium to prevent students misconceptions on the salt hydrolysis material.