Exploring Language Used of Encouragement in the Mental Health Campaign on Instagram: Modality Meanings
Kampanye kesehatan mental bertujuan untuk mengedukasi para penderita mengenai pentingnya kesehatan mental dan cara mengatasinya. Penelitian ini mengkaji bagaimana fungsi bahasa dan makna modalitas digunakan dalam postingan kampanye kesehatan mental @myselflovesupply. Dalam penelitian ini, pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk menganalisis data. Data dikumpulkan dari kata-kata yang ditulis dalam unggahan Instagram. Berdasarkan hasil temuan, fungsi bahasa yang ditemukan dalam kampanye kesehatan mental terdiri dari konatif, emotif, dan referensial, yang sesuai dengan teori Jakobson. Selain itu, penggunaan modalitas dalam kampanye kesehatan mental oleh @myselflovesupply sangat luas. Ditinjau berdasarkan teori Halliday dan Matthiessen, penelitian ini menemukan semua data menggunakan modalitas; modalisasi dan modulasi memperoleh jumlah data yang sama, yang meliputi kewajiban, kemungkinan, kebiasaan, dan kecenderungan. Penggunaan bahasa yang bersifat menyemangati dalam kampanye kesehatan mental dapat memotivasi dan mendorong penderita untuk menemukan motivasi, inspirasi, kenyamanan, dan aspirasi yang sangat penting bagi kesehatan mental mereka. Peneliti menyarankan bahwa mengeksplorasi berbagai kampanye kesehatan mental untuk mengungkap hasil yang lebih kompleks di luar apa yang ditemukan dalam penelitian saat ini akan bermanfaat dalam penelitian di masa depan. Hal ini akan memberikan wawasan tambahan dan memperluas pengetahuan yang sudah ada tentang topik ini.
Mental health campaigns aim to educate sufferers about the importance of mental health and how to manage it. This study investigated how the functions of language and the meaning of modality were employed in @myselflovesupply's mental health campaign posts. In this study, the descriptive qualitative approach was used to evaluate the data. The data were gathered from the words written in the Instagram posts. According to the findings, the language functions discovered in the mental health campaign consist of conative, emotive, and referential, in accordance with Jakobson's theory. In addition, the use of modality in the mental health campaign by @myselflovesupply is extensive. Examined based on Halliday and Matthiessen's theory, the study found all the data used modality; modalization and modulation obtained the same amount of data, which includes obligation, possibility, usuality, and inclination. Encouragement language in mental health campaigns can motivate and encourage sufferers to find motivation, inspiration, comfort, and aspiration, which are crucial for their mental health. The researchers suggest that exploring multiple mental health campaigns to uncover more complex results beyond what was discovered in this current study would be beneficial in future studies. This would provide additional insights and broaden existing knowledge on this topic.