Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah portfolio assessment berpengaruh terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menganalisis surat dinas kelas X OTKP di SMKNegeri 10 Surabaya. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk non-equivalent control group design.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP SMK Negeri 10 Surabaya dan diambil sampel sebanyak dua kelas yaitu X OTKP 1 berjumlah 36 siswa dan X OTKP 2 berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan angket. Instrumen penelitian pada ranah kognitif menggunakan lembar pretest posttest dan pada ranah psikomotor menggunakan angket motivasi belajar. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t.
Berdasarkan analisis uji t pada nilai post-test siswa diperoleh hasil yaitu nilai thitung sebesar 5,922 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000. Sedangkan ttabel dicari dengan menggunakan tabel distribusi pada taraf kepercayaan 95% dimana α = 5%, dan (df) sebesar 70, maka ttabel(1,994). Kemudian berdasarkan analisis motivasi diperoleh thitung sebesar 3,268 taraf signifikansi sebesar 0,002 dan α = 5% dengan (df) sebesar 70, maka ttabel(1,994). Berdasarkan hasil uji-t diatas, maka H0ditolak kemudia H1 dan H2diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh portfolio assessment terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menganalisis surat dinas kelas X OTKP di SMKNegeri 10 Surabaya.
Kata kunci : Portfolio Assessment, motivasi belajar, hasil belajar
Research aims to understand were portfolios assessments impact on the motivation to study and study results students on basic competence analyze letter X OTKP at SMK Negeri 10 Surabaya. This study uses a quasi-experimental design with a non-equivalent control group design. The study population was class X OTKP SMK Negeri 10 Surabaya and taken samples of two classes of X OTKP 1 totaling 36 students and X OTKP 2 totaling 36 students. Data collection technique used documentation, test and questionnaire. Research on the cognitive instrument used sheets pretest posttest and the psychomotor using learning motivation questionnaire. Analysis of data using normality test, homogeneity, and t-test.
Based on t test analysis on the value of students' post-test result value is tcount of 5.922 with a significance level of 0.000. While ttabel searched using distribution tables at level of 95% where α = 5%, and (df) equal to 70, then ttabel (1,994). Then basedon the analysis of motivation obtained tcount 3,268 significance level of 0.002 and α = 5% by (df) equal to 70, then ttabel (1,994). Based on t-test results above, then H0 rejected H1 and H2accepted. It can be concluded that there are significant portfolio of assessment of learning motivation and student learning outcomes in basic competencies analyze OTKP official letter X class at SMK Negeri 10 Surabaya.
Keywords: Portfolio Assessment, motivation to learn, result of student learning