Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Tulisan Akademik
Students’ Critical Thinking Skills in Academic Writing
Aisyah, Siti. 2022. Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Tulisan Akademik. Disertasi, Pendidikan Bahasa dan Sastra, Program Doktor of Universitas Negeri Surabaya. Promotor: Pratiwi Retnaningdyah, M.Hum., M.A., Ph.D, and Co-Promotor: Dr. Suhartono, M.Pd.
Kata Kunci: keterampilan berpikir kritis, tulisan akademik
Menulis akademik menjadi kegiatan wajib bagi mahasiswa di tingkat universitas. Sebagian besar mata kuliah mewajibkan mahasiswa untuk menyerahkan produk tulisan akademik sebagai tugas akhir pada setiap akhir semester. Oleh karena itu, memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik dianggap dapat memberikan energi kepada siswa untuk melakukan yang terbaik dalam menulis secara akademis. Keterampilan berpikir kritis dalam penulisan akademik yang berkualitas tidak hanya melibatkan latar belakang budaya mahasiswa tetapi juga pembentukan kebiasaan mereka dalam menyampaikan ekspresi argumentatif, mengumpulkan bukti dan mengekspresikan ide secara ilmiah.
Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan instrumen penelitian berupa observasi dokumen dan wawancara semi terstruktur terhadap 21 mahasiswa, penelitian ini mengkaji keberadaan kemampuan berpikir kritis yang dilakukan mahasiswa dalam karya tulis ilmiahnya, konseptualisasi mereka tentang kemampuan berpikir kritis dalam tulisan akademik, dan faktor-faktor yang mendasari perbedaan antara konseptualisasi mereka tentang keterampilan berpikir kritis pada penulisan akademik dan praktik mereka dalam menggunakan keterampilan berpikir kritis dalam memproduksi tulisan akademik.
Melalui observasi dokumen artikel jurnal dan proposal tesis mahasiswa, penelitian ini menemukan tentang bagaimana kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam karya tulis ilmiahnya. Dengan observasi dokumen terhadap tulisan refleksi diri mahasiswa, penelitian ini juga mengetahui bagaimana mahasiswa mengkonseptualisasikan keterampilan berpikir kritis pada karya tulis ilmiah. Dengan melakukan wawancara semi-terstruktur, penelitian ini menyelidiki faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan konseptualisasi mahasiswa dan praktik mereka dalam menulis karya ilmiah.
Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas tulisan akademik mahasiswa dipengaruhi oleh kualitas keterampilan mereka dalam menggunakan keterampilan berpikir kritis di dalam tulisan akademik mereka. Penelitian ini menangkap bahwa keterampilan berpikir kritis belum dilakukan secara maksimal oleh mahasiswa. Pemahaman konseptual dan penguasaan konsep masih kurang tepat untuk beberapa komponen keterampilan berpikir kritis. Praktik penggunaan keterampilan berpikir kritis untuk penulisan ilmiah mereka juga masih kurang memadai sehingga karya tulis ilmiah yang dihasilkan oleh sebagian besar mahasiswa masih kurang berkualitas. Penelitian ini juga menemukan faktor-faktor internal dan eksternal sebagai kendala bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi keterampilan berpikir kritis dengan sangat baik pada penulisan akademik. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan beberapa pedoman tidak hanya untuk membantu mahasiswa menghilangkan kesulitan dalam memanfaatkan keterampilan berpikir kritis dalam menghasilkan tulisan akademik yang berkualitas tetapi juga untuk membiasakan mahasiswa dalam menggunakan keterampilan berpikir kritis untuk setiap kegiatan menulis akademik. Bagi mahasiswa, untuk menggunakan kemampuan berpikir kritis dalam penulisan akademik membutuhkan banyak latihan setelah mereka mendapatkan bimbingan dan pedoman yang memadai.
Aisyah, Siti. (2022). Students’ Critical Thinking Skills in Academic Writing. Dissertation, Language and Literature Education, Doctoral Program of the State University of Surabaya. Promotor: Pratiwi Retnaningdyah, M.Hum., M.A., Ph.D, and Co-Promotor: Dr. Suhartono, M.Pd.
Keywords: critical thinking skills, academic writing
Academic writing becomes a mandatory activity for students at the university level. Most of the lecturing subjects obligate university students to submit academic writing products as final papers at the end of every semester. Therefore, having good critical thinking skills is assumed to energize the students to do their best in writing academically. The critical thinking skills in qualified academic writing involved not only the students’ cultural background but also the students’ habit formation of delivering argumentative expressions, collecting evidence, and staging to express ideas scientifically.
By employing the qualitative research method with the instruments of document observations and semi-structured interviews and 21 EFL university students, this study scrutinized the existence of critical thinking skills performed by the students in their scientific writing, the conceptualization of critical thinking skills, and factors underlying the differences between the students’ conceptualization of critical thinking skills for papers and the students’ practices of using the critical thinking skills on academic writing.
Through the document observations of the students’ journal articles and thesis proposals, this study found how the students’ performance of critical thinking skills appeared in their scientific papers. By having the document observation of the students’ self-reflection papers, this study also recognized how the students conceptualized the critical thinking skills on scientific papers. By conducting the students’ semi-structured interviews, this study investigated the factors causing the differences in the students’ conceptualization and their practices in composing their academic writing.
The final findings of this study showed that the quality of the students' academic writing was induced by the quality of their skills in using critical thinking skills on papers. By using twelve indicators of critical thinking skills modified from Finken and Ennis (1993), Facione (2020), Nückles et al., (2020), and Paul & Elder (2019), this study captured which components of critical thinking skills were performed well by the students and which ones were not performed optimally by them in their academic papers.
The conceptual understanding and mastery of the concept were still incorrect for several components of critical thinking skills. The practices of using critical thinking skills for their scientific writing were still insufficient resulting in unqualified academic writing produced by most of the students. This study also recognized both internal and external factors as obstacles for the students to explore critical thinking skills excellently in academic writing. Therefore, this study contributed several guidance not only to help the students to eliminate the difficulties of utilizing critical thinking skills in producing qualified academic writing but also to make the students accustomed to using critical thinking skills for every academic writing activity. For university students, accommodating critical thinking skills in academic writing required a lot of practice with sufficient guidance