Analasis Materi Video Learn German with Anja sebagai Bahan Ajar Keterampilan Berbicara Kelas XI Semester 2
Analysis of the Video Material Learn German with Anja as a Teaching Material for Speaking Skills in 11th Grade Second Semester
Dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman perlu memperhatikan pelafalan, intonasi, serta penggunaan kosakata yang tepat. Hal ini berarti dibutuhkan materi bahan ajar yang sesuai sehingga bisa mendukung pembelajaran keterampilan berbicara. Roche membagi empat kriteria pemilihan bahan ajar menjadi tema, tujuan, pemilihan teks, dan bahasa yang digunakan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kesesuaian materi Learn German with Anja tema Wohnung di Youtube sebagai bahan ajar keterampilan berbicara kelas XI semester II. Sumber data penelitian ini adalah delapan video dari channel Learn German with Anja tema Wohnung. Data penelitian ini berupa kosakata dan kalimat materi dari delapan video Learn German with Anja tema Wohnung. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan teknik simak catat. Semua video dianalisis sesuai dengan instrument yang dibuat berdasarkan kurikulum 2013, peta materi dalam buku Deutsch ist einfach, dan menggunakan teori pemilihan bahan ajar menurut Prastowo dan Roche. Hasil yang didapatkan dari analisis kesesuaian video-video Learn German with Anja tema Wohnung setelah dihitung menggunakan teori Arikunto yaitu kesesuaian delapan video tersebut mendapatkan skor sebesar 86% namun ada materi yang tidak sesuai dengan instrument yakni tidak ada penggunaan Adverb dan terdapat satu video yang terlalu singkat.
Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Bahan Ajar, Kurikulum, Youtube
In German learning speaking skills, it is necessary to pay attention about pronunciation, intonation, as well as the proper use of vocabulary. This means that appropriate teaching materials are needed so they can support learning speaking skills. Roche divides four criteria to selecting teaching materials into theme, purpose, text selection, and language used. The formulation of the problem in this research is how the suitability of video material from Learn German with Anja about Wohnung on Youtube as a teaching material for speaking skills second semester of class XI. The data source of this research is eight videos from the channel Learn German with Anja about Wohnung. The data of this research is form of vocabulary and sentence material from eight videos Learn German with Anja about Wohnung. The method used is descriptive qualitative with literature study. Data analysis technique using Simak Catat technique. All videos were analyzed according to instruments made based on the 2013 curriculum, material maps in the book Deutsch ist einfach, and using selection of teaching materials theory from Prastowo and Roche. The results obtained from the analysis of the suitability of the videos Learn German with Anja tema Wohnung after calculated using theory from Arikunto that the suitability of eight videos get a 86% score but there is material that is not suitable with instrument, namely there is no use of Adverb and one video is too short.
Keywords: Speaking skills, Teaching materials, Curriculum, Youtube