PENGEMBANGAN MODUL SISTEM PENGISIAN PADA ENGINE TRAINER DAIHATSU TARUNA EFI
DEVELOPMENT OF CHARGING SYSTEM MODULE ON ENGINE TRAINER DAIHATSU TARUNA EFI
Aktivitas belajar-mengajar merupakan metode komunikasi yang diimplementasikan dengan memberikan informasi mahasiswa. Informasinya dapat berupa keilmuan, pengalaman, skill, gagasan, dan lainnya. Umumnya keseluruhan informasi sudah direncanakan dan dimuat dalam bahan ajar (teaching material). Bahan ajar terdiri dari rangkaian materi pelajaran yang terorganisir, memuat kompetensi rinci yang mestinya dimiliki mahasiswa sewaktu aktivitas pembelajaran. Riset ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul pembelajaran dan mengetahui tingkat kelayakan validasi modul serta respons mahasiswa pengguna modul yang telah disusun. Jenis penelitian yang dimanfaatkan ialah riset serta pengembangan (research and development). Acuan pengembangan yang dipakai adalah ADDIE. Sasaran penelitian dalam penelitian ini yaitu mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin konsentrasi Otomotif Angkatan 2019 dan 2020 yang telah memprogram mata kuliah praktik Kelistrikan Otomotif. Teknik penghimpunan data diterapkan dengan memberikan angket yang memuat angket validasi modul dan angket mahasiswa. Metode deskriptif-kuantitatif diterapkan sebagai pisau analisa. Hasil riset yang berjudul “Modul Sistem Pengisian Daihatsu taruna EFI” melalui 5 langkah prosedur ADDIE. Adapun presentase kelayakan modul jika dirata-rata dari ketiga ahli yaitu ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa mendapat skor 89% sehingga tergolong amat memadai. Respons mahasiswa terhadap pemanfaatan modul mendapat skor presentase 93% dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, bisa ditarik kesimpulan bahwasannya modul yang telah diujikan bisa menjadi bahan ajar. Kata Kunci: Modul, Sistem Pengisian, ADDIE, Validitas, Respon
The learning process is basically a communication process that is realized through the delivery of information to students. The information can be in the form of knowledge, expertise, skills, ideas, experiences, and so on. This information is usually packaged as a single unit, namely teaching materials. Teaching materials are a set of learning materials/substances that are systematically arranged, showing a complete figure of competencies that will be mastered by learners in learning activities. The purpose of this study is to produce a learning module and determine the feasibility level of module validation and student responses to the modules that have been prepared. The type of research used in this research is research and development. The development model used is ADDIE. The research targets in this research are undergraduate students of Mechanical Engineering Education with the concentration of Automotive Classes 2019 and 2020 who have programmed the Automotive Electrical practical course. The data collection technique was carried out using a questionnaire consisting of a module validation questionnaire, and a student questionnaire. The data analysis technique used quantitative descriptive methods. The results of this study entitled "Daihatsu cadets EFI Charging System Module" through a 5-step ADDIE procedure. The percentage of module feasibility, if averaged from the three experts, namely material experts, design experts, and linguists got a score of 89% with a very decent category. Student responses to the use of the module got a percentage score of 93% in the very good category. Therefore, it can be concluded that the modules that have been developed can be used as teaching materials. Keywords: Module, Charging system, ADDIE, Validation, Respons