Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Problem Posing. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tulangan tahun pelajaran 2019.Peneliti menggunakan data primer dan teknik pengumpulan datanya yaitu tes. Tes dilakukan pada saat sebelum dan sesudah pembelajaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji independent samplet-tes postest kemampuan berpikir kreatif peserta didik menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan berfikir kreatif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan. Berdasar analisis t-tes tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini bermanfaat untuk guru yaitu dapat mengembangkan wawasan guru agar lebih inovatif dan kreatif didalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan di kelas dan meningkatkan kompetensi pengetahuan peserta didik dan kemampuan berpikir kreatif.Sedangkan manfaat untuk peserta didik yaitu meningkatkan pemahaman dalam menyikapi masalah dan konflik yang terjadi dalam masyarakat dan diharapkan bisa mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatif.
Kata Kunci : Model Problem Posing, Kemampuan Berpikir Kreatif.
The aim of this study is to describe the ability to think creatively in educational learning in social studies by using the Problem Posing model. The subjects in this study are 28th grade VIII students in National Middle School 1 year 2019. Research uses primary data and counting techniques. Tests were carried out before the learning session. The results showed that independent test results posttest were able to think of creative participants who showed that differences in creative thinking skills in class control were given after treatment. Based on these tests, it was concluded that the posing learning model influences the ability to think creatively in educated students. This study is useful for teachers who can develop teacher insights to be more innovative and creative in creating fun classroom learning activities and improve students' knowledge competencies and creative thinking abilities. optimize the ability to think creatively
Keywords: Problem Posing Model, Creative Thinking Ability.