PENGARUH METODE PECS TERHADAP KEMAMPUAN
KOMUNIKASI RESEPTIF PADA ANAK AUTIS DI SLB
HARMONI GEDANGAN
THE INFLUENCE OF THE PECS METHOD ON THE
RECEPTIVE COMMUNICATION ABILITY OF AUTISTIC
CHILDREN AT SLB HARMONI GEDANGAN
Komunikasi merupakan salah satu kebutuhan dasar
pada manusia. Komunikasi reseptif merupakan kemampuan
menyimak dan membaca, yang memiliki peran penting dalam
kehidupan manusia. Anak autis mengalami kesulitan dalam
memahami ataupun menggunakan bahasa dalam
berkomunikasi dengan orang lain. Tujuan penelitian ini yaitu
untuk meningkatkan kemampuan komunikasi reseptif anak
autis. Subjek dalam penelitian ini berjumlah lima Siswa Autis
yang mengalami permasalahan dalam komunikasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
metode Pre-eksperiment Design dalam bentuk one-group
pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data berupa tes,
analisis data menggunakan uji wilcoxon. Berdasarkan pada
hasil pre-test rata-rata 70,4 dan post-tes rata-rata 93,2.
Menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,042 lebih kecil dari
nilai signifikan 0,05 (0,042 < 0,05) yang artinya kemampuan
komunikasi reseptif siswa autis mengalami peningkatan
secara signifikan menjadi lebih baik setelah diterapkannya
metode PECS terhadap siswa autis di SLB Harmoni
Gedangan.
Kata Kunci: Komunikasi, Autis, PECS
Communication is one of the basic needs of humans.
Receptive communication is the ability to listen and read,
which plays an important role in human life. Autistic children
have difficulty understanding or using language to
communicate with others. The purpose of this study is to
improve the receptive communication skills of autistic
children. The subjects in this study were five autistic students
who had problems in communication.
This study uses a quantitative approach to the Pre-
experimental Design method in the form of one-group pretest-
posttest design. Data collection techniques in the form of tests,
data analysis using the Wilcoxon test. Based on the results of
the pre-test, the average was 70.4 and the post-test average was
93.2. Showing the Asymp. Sig. (2-tailed) value of 0.042 is
smaller than the significant value of 0.05 (0.042 <0.05) which
means that the receptive communication skills of autistic
students have increased significantly to be better after the
PECS method was implemented on autistic students at SLB
Harmoni Gedangan.
Keywords: Communication, Autism, PECS