Salah satu kemampuan dalam bahasa Inggris yang harus dikuasai oleh siswa adalah kemampuan menulis. Pada saat ini, siswa diharapkan dapat menjadi murid yang mandiri yang dapat dengan mudah menuliskan idenya dalam bentuk kalimat dan paragraf. Disamping itu, untuk membuat siswa terlibat dalam proses belajar mengajar, pembelajaran berbasis projek dapat diterapkan. Pembelajaran berbasis projek membuat siswa belajar bersama sebagai tim untuk membuat suatu projek. Pada penelitian ini, projek yang dibuat adalah majalah kecil.
Ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan desain kuantitatif untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara mereka yang diajar dengan pembelajaran berbasis projek dan mereka yang tidak. Sampel penelitian ini terdiri dari 60 siswa kelas tujuh yang dibagi menjadi kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen penelitian adalah tes tulis dan angket.
Selain itu, setelah perlakuan dilakukan, nilai p adalah 0,00 atau kurang dari 0,05 dengan besar dampak perbedaan sebesar 0.48 atau diklasifikasikan dalam kategori besar. Itu berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis siswa antara dua kelas. Selain itu, skor rata-rata kelas kontrol post-test adalah 64,60 (SD = 10,87420) dan skor rata-rata kelas eksperimen adalah 84,83 (SD = 10,19494). Ini menunjukkan bahwa skor post-test dari kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hal ini mengindikasikan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis projek memberikan efek positif terhadap keterampilan menulis siswa.
One of English skills that students have to be mastered is writing. Nowadays, students are expected to be independent learners who can easily put their ideas in the form of sentences and paragraphs. Meanwhile, to make the students engaged to the writing process, project based learning is applied during teaching and learning process. Project based learning makes the students work cooperatively as a team to make a project. In this research, the project is mini magazine.
This is experimental study which uses quantitative design to find out the significant difference between who are taught by project based learning and those who are not. The sample of this study consisted of 60 seventh graders who are divided into control and experimental class. The research instruments are writing test and questionnaire.
Moreover, after the treatment is conducted, the p value is .00 or less than 0.05 with Eta Squared value 0.48 or classified as large effect. It means that there is significant difference on students’ writing skill between two classes. Moreover, the mean score of control class in post-test is 64.60 (SD = 10.87420) and the mean score of experimental class is 84.83 (SD = 10.19494). It indicates that the post-test score of experimental class is higher than the control class. It means that the use of project based learning gave positive effect towards students’ writing skill.