Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook Pada Materi Pajak Penghasilan (PPH) Pasal 21
Perkembangan teknologi modern sedikit banyaknya telah mempengaruhi aspek kehidupan manusia terutama dibidang pendidikan. Pengaruh tersebut tentu saja membutuhkan suatu penyesuaian dalam kegiatan pembelajaran. Sebagian besar siswa hanya memiliki buku yang diberikan oleh perpustakaan dan merupakan buku edisi terbitan lama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar e-modul interaktif berbasis flipbook pada mata pelajaran administrasi pajak terutama materi pajak penghasilan (PPh) pasal 21 kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri Mojoagung. Penelitian ini menggunakan model riset yakni 4D oleh Thiagarajan dengan 4 tahapan yang terdiri dari tahap define, design, develop tetapi tanpa melaksankan tahap disseminat. Data dalam riset ini berupa data kualitatif dan juga kuantitatif. Hasil penilaian validasi yang berasal dari para ahli diperoleh rerata presentase sebesar 84,18% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil respon peserta didik didapatkan rata-rata presentase sebesar 95,36%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan sangat layak untuk dipergunakan dan telah sesuai dengan perkembangan peserta didik.
The development of modern technology has more or less influenced aspects of human life, especially in the field of education. This influence, of course, requires an adjustment in learning activities. Most students only have books provided by the library and are old editions of books. The purpose of this study was to develop flipbook-based interactive emodule teaching materials on tax administration subjects, especially article 21 income tax (PPh) material for class XI Accounting and Finance of the Mojoagung State Vocational School. This study uses a 4D research model by Thiagarajan with 4 stages consisting of the define, design, develop stages but without carrying out the dissemination stage . The data in this development research are in the form of qualitative and quantitative data . The results of the validation assessment from experts obtained an average percentage of 84.18% with a very feasible category. While the results of student responses obtained an average percentage of 95.36%. Based on these results indicate that the product developed is very feasible to use and has been in accordance with the development of students.