PENGEMBANGAN MODIFIKASI PERMAINAN TRUTH OR DARE
UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI DI KELAS
XII IPA MAN 2 GRESIK
Nama :
Wahyu Puspitasari
NIM
: 15010014020
Program Studi : S-1 Bimbingan dan Konseling
Jurusan : Bimbingan dan Konseling
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Lembaga
: Universitas Negeri Surabaya
Dewan Pembimbing : Dra. Titin Indah Pratiwi, M.Pd
Penelitian ini berdasarkan hasil
observasi yang dilakukan di MAN 2 Gresik dan hasil wawancara dengan guru BK
bahwa masalah siswa yaitu memiliki konsep diri negatif khususnya siswa kelas
XII IPA 1. Beberapa siswa sering mengeluh akan keadaan dirinya, tidak dapat
menerima kondisi fisiknya, belum memahami tentang kelebihan dan kekurangan yang
ada pada dirinya. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menghasilkan suatu
produk pengembangan yaitu modifikasi permainan truth or dare untuk meningkatkan
konsep diri yang dapat digunakan oleh guru BK untuk membantu dalam pemberian
suatu layanan bimbingan kelompok pada siswa untuk meningkatkan konsep diri.
Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg and
Gall yang menyebutkan 10 tahapan
pengembangan. Penelitian ini dibatasi
hanya sampai 5 tahapan, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal,
(2) perencaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi
produk.
Penelitian pengembangan ini
menggunakan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif didapatkan
dari hasil akseptabilitas ahli materi 75% dengan kategori Baik, Tidak perlu
direvisi, ahli media 80% dengan kategori Baik, Tidak perlu direvisi, ahli
praktisi (konselor) 87% dengan kategori
Sangat Baik, Tidak perlu direvisi, dan calon pengguna (siswa) 92% dengan
kategori Sangat Baik, Tidak perlu direvisi. Data kualitatif didapatkan dari
saran dan masukan oleh para ahli dan telah direvisi. Dengan hal tersebut media
permainan truth or dare konsep diri
telah memenuhi kriteria akseptabilitas yang mencakup aspek kegunaan, kelayakan,
ketepatan dan kepatutan. Perlu adanya pengembangan pada tahapan uji lapangan
sesuai dengan prosedur pengembangan Borg and Gall dan perlu adanya pengembangan informasi
tentang konsep diri sesuai dengan kebutuhan siswa dan kebutuhan pada lapangan
selanjutnya.
Kata kunci:
pengembangan, truth or dare konsep
diri, bimbingan kelompok, konsep diri.