EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA TARI TOPENG MALANGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA SEKOLAH DASAR
ETHNOMATHEMATICS EXPLORATION IN TOPENG MALANGAN DANCE AS A SOURCE OF LEARNING MATHEMATICS IN ELEMENTARY SCHOOL
Etnomatematika merupakan aplikasi matematika dalam kehidupan budaya. Salah satu kebudayaan Indonesia adalah tarian tradisional. Tarian tradisional dapat dikaitkan dengan pembelajaran matematika dan digunakan sebagai sumber belajar di Sekolah Dasar. Penelitian ini memiliki tujuan menjelaskan aktifitas etnomatematika yang ada pada tari Topeng Malangan. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini yaitu sumber belajar berupa hand out. Jenis riset ini kualitatif dengan metode etnografi. Metode pengumpulan data yang dipakai ialah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subyek riset adalah pemilik sanggar tari Topeng Malangan Asmorobangun dan penari tari Topeng Malangan. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa: (1) Terdapat unsur Etnomatematika pada gerak tari Topeng Malangan yaitu garis dan sudut; (2) Hasil eksplorasi etnomatematika tari Topeng Malangan dapat dijadikan sumber belajar berupa hand out.
Kata Kunci: Tari Topeng Malangan, Eksplorasi, Sumber Belajar, Etnomatematika
Ethnomathematics is the application of mathematics in cultural life. One of Indonesian culture is traditional dance. Traditional dances can be associated with learning mathematics and used as learning resources in elementary schools. This study aims to describe the ethnomathematical activities that exist in the Topeng Malangan dance. The product produced in this study is a learning resource in the form of a hand out. This type of research is qualitative with an ethnographic approach. Data collection methods used are observation, documentation, and interviews. The research subjects were the owner of the Topeng Malangan Asmorobangun dance studio and the dancers of Topeng Malangan dance. The results of this study describe that: (1) There are ethnomathematical elements in the Topeng Malangan dance movement, namely lines and angles; (2) The results of the ethnomathematical exploration of the Topeng Malangan dance can be used as a learning resource in the form of hand out.
Keywords: Topeng Malangan Dance, Exploration, Learning Resources, Ethnomathematics