Redesain Kemasan Jenang Kelapa Muda Abdoel Chakim Khas Jombang
Packaging Redesign for Jenang Kelapa Abdoel Chakim of Jombang
Indonesia adalah Negara yang memiliki berbagai macam kekayaan budaya. Dari sekian banyak kekayaan budaya yang ada, salah satunya adalah kekayaan kuliner tradisional. Salah satu kuliner tradisional yang ada di Indonesia adalah Jenang atau Dodol. Di Kabupaten Jombang terdapat olahan jenang khasnya sendiri, yaitu jenang kelapa muda. Pertama kali ditemukan pada tahun 1987 oleh Abdoel Chakim, kini telah memiliki brand corporate-nya sendiri yaitu Jenang Kelapa Muda Abdoel Chakim. Dalam pemasarannya, Jenang Kelapa Muda Abdoel Chakim menggunakan kemasan yang sama sejak pertama kali didirikan pada tahun 1987. Hal ini membuat daya saingnya kurang jika dibandingkan dengan merek-merek jenang lain yang sudah melakukan redesain dan rebranding. Melalui perancangan ini, nantinya akan dibuat desain kemasan baru untuk meningkatkan daya saing dan estetika kemasan yang diharapkan juga bisa meningkatkan daya saing merek jenang ini di pasar. Perancangan ini nantinya akan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data-data primer untuk perancangan ini akan diperoleh melalui proses wawancara, sedangkan data-data sekunder akan diperoleh melalui proses studi pustaka. Hasil akhir perancangan ini adalah menciptakan logo baru, desain kemasan baru, dan mockup media pendukung.
Indonesia is a country that has various kinds of cultural wealth. Of the many cultural treasures that exist, one of them is the richness of traditional culinary. One of the traditional culinary in Indonesia is Jenang or Dodol. In Jombang Regency, they have their own specialty jenang, namely young coconut jenang. First discovered in 1987 by Abdoel Chakim, now it has its own corporate brand, Jenang Kelapa Muda Abdoel Chakim. In marketing, Jenang Kelapa Muda Abdoel Chakim uses the same packaging since it was first established in 1987. This makes it less competitive when compared to other jenang brands that have been redesigned and rebranded. Through this design process, a new packaging design will be made to improve the competitiveness and aesthetics of the packaging which is expected to also increase the competitiveness of this jenang brand in the market. This design process will use descriptive qualitative method. The primary data for this design will be obtained through the interview process, while the secondary data will be obtained through the literature study process. The final result of this design is to create a new logo, a new packaging design, and a mockup of supporting media.