ABSTRAK
Indrawati, Sus. 2019. “Pengaruh Permainan Sirkuit Cerdas Spontanitas terhadap Perkembangan Motorik Kasar dan Sosial Anak Kelompok A di Kecamatan Wiyung Surabaya. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Konsentrasi Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Bachtiar Syaiful Bachri, M. Pd., dan (II) Dr. Andi Mariono, M. Pd.
Kata Kunci: Permainan Sirkuit, Motorik Kasar, Sosial Emosional
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan sirkuit “Cerdas Spontanitas” terhadap perkembangan motorik kasar dan sosial anak kelompok A di kecamatan Wiyung Surabaya. Penelitian ini selain berdasarkan permasalahan yang terjadi pada anak kelompok A di Kecamatan Wiyung Surabaya, juga didasarkan pada inovasi dalam pembelajaran yang di lakukan di Taman Kanak-Kanak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini menggunakan seluruh siswa yang ada di dua sekolah yang masuk dalam wilayah kecamatan Wiyung yakni TK AT Taqwa dan TK Taman Ananda dengan karakteristik yang hampir sama. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa A1 dan A2 di TK At Taqwa dan A1 dan A2 di TK Taman Ananda. Teknik dan pengumpulan data yang digunakan adalah Pretest dan Posttest yang berfungsi untuk mengetahui adanya pengaruh permainan sirkuit cerdas spontanitas terhadap perkembangan motorik kasar dan sosial anak kelompok A.
Hasil penelitian ini adalah (1) ada pengaruh permainan sirkuit cerdas spontanitas terhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok A di kecamatan Wiyung Surabaya, (2) ada pengaruh permainan terhadap perkembangan sosial anak kelompok A di kecamatan Wiyung Surabaya, hasilnya diperoleh thitung > ttabel dengan taraf nyata 5% sehingga 9,2 > 0,5 dengan perbedaan rata rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata rata kelas eksperimen sebesar 21,4 dan rata rata kelas kontrol sebesar 13,2.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa permainan sirkuit “Cerdas Spontanitas” berpengaruh terhadap perkembangan motorik kasar anak kelompok A dan permainan sirkuit “Cerdas Spontanitas” berpengaruh terhadap perkembangan sosial anak kelompok A di Kecamatan Wiyung Surabaya.
ABSTRACT
Indrawati, Sus. 2019. The Influence of Circuit Games “Cerdas Spontanitas” on Gross Motoric Skill and Social Skill Of Group A in Wiyung sub-distric of Surabaya. Thesis, Basic Education Study Program, Early Childhood Education Concentration, Surabaya State University Postgraduate Program. Mentor: (I) Dr. Bachtiar Syaiful Bachri, M. Pd., and (II) Dr. Andi Mariono, M. Pd.
Key Word: Circuit game, gross motoric, emotional social
This research aims to determine the effect of the "Smart Spontaneity" circuit game on the gross motor and social development of group A children in Wiyung sub-district, Surabaya. This research is based not only on the problems that occur in group A children in Wiyung Sub-district, Surabaya, it is also based on innovations in learning done in kindergartens.
This research uses a quantitative approach and uses a type of experimental research. The population in this study used all students in the two schools included in the Wiyung sub-district, namely AT Taqwa Kindergarten and Taman Ananda Kindergarten with almost the same characteristics. Sampling in this study uses cluster random sampling techniques, so the samples used in this study are students A1 and A2 in TK At Taqwa and A1 and A2 in TK Taman Ananda. The technique and data collection used are Pretest and Posttest which function to find out the influence of spontaneity intelligent circuit play on the gross motor and social development of group A children.
The results of this study were (1) there was an influence of spontaneous intelligent circuit playing on the development of gross motor children of group A in Wiyung sub-district, Surabaya (2) there was an influence of games on the social development of group A children in Wiyung sub-district of Surabaya, the results were obtained tcount> ttable with a real level 5% so 9.2 > 0.5 with the average difference in the experimental class and the control class. The average experimental class was 21.43 and the average control class was 13.20.
Based on the results of data analysis, it can be concluded that the circuit game "Smart Spontaneity" influences the gross motor development of children in group A and the circuit game "Smart Spontaneity" influences the social development of children in group A in Wiyung District, Surabaya.