ABSTRAK
EFEKTIFITAS PENYELENGGARAAN PROGRAM PARENTING DALAM MEMBANGUN KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK BINA BANGSA SKB GUDO JOMBANG
Nama : Tiffani Novebriana
Nim : 15010034083
Jurusan : Pendidikan Luar Sekolah
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Wiwin Yulianingsih, M.Pd
Efektifitas program parenting merupakan evaluasi pelaksanaan program parenting, bertujuan untuk mengukur kesuksesan sebuah program. Dapat diukur melalui capaian dan pengaruh peserta terhadap cara mendidik anak-anaknya dalam membangun karakter dirumah dan disekolah. Tujuan dari penelitian ini (1) mengetahui efektifitas penyelenggaraan program parenting dalam membangun karakter anak usia dini (2) mengetahui bentuk-bentuk kegiatan program parenting (3) menjelaskan faktor yang mendukung dan menghambat program parenting.
Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini ada 9 informan, yang diambil dari kepala SKB, pamong, guru, dan wali murid. Teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa efektifitas program parenting dalam membangun karakter anak usia dini di TK Bina Bangsa SKB Gudo Jombang, tedapat out put yang cukup baik setelah diadakannya program parenting.
Kata kunci: Efektifitas penyelenggaraan program parenting, membangun karakater anak usia dini, pengetahuan orang tua.
ABSTRACT
EFFECTIVENESS OF PARENTING PROGRAMS IN DEVELOPING EARLY CHILD CHARACTERS IN TK BINA BANGSA SKB GUDO JOMBANG
Name : Tiffani Novebriana
Student ID Number : 15010034083
Majors : Pendidikan Luar Sekolah
Institution Name : Universitas Negeri Surabaya
Mentor : Dr. Wiwin Yulianingsih, M.Pd
The effectiveness of a parenting program is an evaluation of the implementation of a parenting program, aimed at measuring the success of a program. Can be measured through the achievements and influence of participants on how to educate their children in building character at home and at school. The purpose of this study (1) determine the effectiveness of the implementation of parenting programs in building the character of early childhood (2) knowing the forms of parenting program activities (3) explaining the factors that support and hinder parenting programs.
This study uses qualitative research with qualitative descriptive research. The number of informants in this study were 9, taken from the SKB head, tutor, teacher, and student guardians. The technique used is observation, interview, and documentation. The results of this study show that the effectiveness of the parenting program in building the character of early childhood in Bina Bangsa SKB Gudo Jombang Kindergarten, has a pretty good output after the parenting program.
Keywords: Effectiveness of the implementation of parenting programs, building the character of early childhood, parental knowledge.