Analisis Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Ditinjau dari Kemampuan Matematika
Analysis of Junior High School Students' Mathematical Problem Solving Strategies in terms of Mathematical Ability
Strategi pemecahan masalah adalah suatu teknik atau cara penyelesaian masalah yang digunakan dalam mencari solusi. Pentingnya pemecahan masalah menyebabkan siswa dituntut menerapkan dan memilah strategi yang sesuai, serta pengalaman dan pengetahuan pemecahan masalah sebelumnya.Perbedaan kemampuan matematika dapat mempengaruhi siswa dalam menerapkan dan memilah strategi pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemecahan masalah matematika siswa SMP ditinjau dari kemampuan matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan matematika dan tugas pemecahan masalah matematika kemudian dilanjutkan dengan wawancara. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa memiliki kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah masing-masing satu. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan data. Hasil yang diperoleh adalah siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi menggunakan strategi pemecahan masalah penalaran logis, uji coba, menggubah cara pandang terhadap masalah, menggunakan keadaan yang ekstrim, mempertimbangkan segala kemungkinan dan mengorganisir data, sedangkan siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang menggunakan strategi pemecahan masalah uji coba, berjalan mundur, menggunakan keadaan yang ekstrim dan mempertimbangkan segala kemungkinan, dan siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah menggunakan strategi pemecahan masalah uji coba, menggunakan keadaan yang ekstrim, dan penalaran logis. Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi guru untuk mengajarkan siswa berbagai cara penyelesaian yang dapat diselesaikan dengan beberapa strategi pemecahan masalah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.
Problem solving strategy is a technique or problem solving method used in finding solutions. The importance of problem solving in mathematics learning causes students to solve problems required to sort out and applyappropriate strategies, use knowledge and take advantage of previous problem solving experiences.Differences in mathematical ability can affect students in applying and sorting out problem solving strategies. This type of research is descriptive research with a qualitative approach that aims to describe the mathematics problem solving strategies of junior high school students in terms of mathematical abilities. Data collection was carried out by means of a written test, namely a test of mathematical ability and mathematical problem solving tasks then clarified by interviews to obtain valid results. The subjects in this study were students with high, medium and low mathematical abilities, one each. Data analysis used is data reduction, data presentation, and data retrieval. The results obtained are students who have high mathematical abilities using problem solving strategies logical reasioning, guess and check, adopting a different point of view, using extreme conditions, accounting for all possibilities, and organizing data, while students who have moderate mathematical abilities use test problem solving strategies guess and check, walking backwards, using extreme conditions and accounting for all possibilities, and students who have low math ability use problem solving strategies guess and check, using extreme conditions, and logical reasoning. This research can be used as a teacher reference to teach students various ways of solving that can be solved by several problem solving strategies in improving problem solving skills.