Role Playing to Reduce Bullying Behavior
Bullying merupakan fenomena yang sering terjadi dalam beberapa tahun terakhir, hal ini terjadi tanpa memandang umur ataupun jenis kelamin. Kata bullying ini diangkat dari bahasa inggris yakni bull yang artinya merupakan hewan banteng. Bullying merupakan suatu kondisi perilaku dimana sekumpulan orang atau individu menyalahgunakan kekuatan ataupun kekuasaannya. Kondisi bullying ini berlaku apabila kondisi ini dilakukan berulang-ulang dengan tujuan untuk menyakiti korban bullying, kondisi ini juga diikuti dengan korban yang merasa ditindas baik secara fisik atau mental (Sejiwa, 2008:2). Empati yang rendah terhadap korbannya merupakan salah satu faktor yang membuat seseorang melakukan bullying (Coloroso, 2007). Hall ini dapat dilihat dari rendahnya kepedulian dari pada konsekuensi dari emosional yang bisa mereka berikan kepada orang lain serta memiliki kemampuan yang rendah untuk ikut merasakan konsekuensi dari emosional tersebut (Gini dkk, 2007). Empati sendiri dibedakan menjadi dua yaitu empati afekti dan empati kognitif (kowalski dkk, 2014). Pelatihan empati ini dapat dikembangkan melalui kegiatan bermain peran (Eisenberg, 2002). Penelitian in bertujuan untuk mendeskripsikan bahwa bermain peran memiliki potensi untuk mengurangi perilaku bullying. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan metode dokmentasi dan dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Dalam rangka menjaga ketepatan dari pengkajian dan untuk mencegah kesalahan informasi pada penelitian ini, dilakukan pengecekan antar pustaka serta membaca ulang pustaka dan memperhatikan komentar serta masukan dari pembimbing. Hasil dari kajian ini adalah terbentuknya artikel ilmiah terkait bermain peran sebagai upaya mengurangi perilaku bullynig yang merujuk dari jurnal dan artikel yakni, 1) Keberhasilan tekni bermain peran untuk mengurangi bullying. 2) Implementas bermain peran untuk mengurangi perilaku bullying. 3) Ruanglingkup dan sasaran penerapan bermain peran untuk mengutangi perilaku bullying. 4) Saran atau rekomendasi penerapan teknik bermain peran untuk mengurangi perilaku bullying.
Kata Kunci: Bullying, Bermain Peran, Studi Literatur.
Bullying is a phenomenon that often occurs in recent years, this happens regardless of age or gender. The word bullying is raised from the English language which is bull which means it is a bull animal. Bullying is a condition of behavior where a group of people or individuals abuse their power or power. This condition of bullying applies if this condition is carried out repeatedly with the aim of hurting victims of bullying, this condition is also followed by victims who feel oppressed either physically or mentally (Sejiwa, 2008: 2). Low empathy for the victim is one of the factors that makes a person do bullying (Coloroso, 2007). This hall can be seen from the low awareness of the consequences of the emotional that they can give to others and have a low ability to share the emotional consequences (Gini et al, 2007). Empathy itself can be divided into two namely affective empathy and cognitive empathy (Kowalski et al, 2014). This empathy training can be developed through role playing activities (Eisenberg, 2002). This research aims to describe that role play has the potential to reduce bullying behavior. The method used in this research is literature study method. In this study data were collected by the method of documentation and analyzed using content analysis techniques. In order to maintain the accuracy of the assessment and to prevent misinformation in this study, checking between libraries and rereading the literature and paying attention to comments and input from the supervisor. The results of this study are the formation of scientific articles related to role play as an effort to reduce bullynig behavior referring to journals and articles namely, 1) Successful technical role playing to reduce bullying. 2) Implementation plays a role to reduce bullying behavior. 3) The scope and target of applying role playing to combat bullying behavior. 4) Suggestions or recommendations for applying role playing techniques to reduce bullying behavior
Keyword: Bullying, Role Playing, Literature Study.