STRATEGI HUMAS MELALUI LITERASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN CITRA POSITIF SMK PGRI 2 SIDOARJO
PUBLIC RELATIONS STRATEGY THROUGH DIGITAL LITERACY TO IMPROVE THE POSITIVE IMAGE OF SMK PGRI 2 SIDOARJO
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi humas melalui literasi digital untuk meningkatkan citra positif SMK PGRI 2 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data pada penelitian ini yakni dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mempertegas hasil penelitian maka digunakan Teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber. Penelitian ini melalui analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa strategi humas melalui literasi digital SMK PGRI 2 Sidoarjo umumnya dengan membentuk branding yang baik serta menarik di media sosial sekolah. Dengan membagikan prestasi dan kegiatan positif di sekolah. Kemudian humas SMK PGRI 2 Sidoarjo juga melakukan promosi khusunya pada saat pendaftaran siswa baru. Humas SMK PGRI 2 Sidoarjo juga berupaya menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua siswa melalui grup whatsapp untuk membagikan Nama : Ayu Sofi Syafitri NIM : 20080314033 Program Studi :S1 Pendidikan Admnistrasi Perkantoran Fakultas : Ekonomika dan Bisnis Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya Pembimbing : Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd. xiii informasi yang berkaitan dengan sekolah. Berdasarkan hal tersebut, humas SMK PGRI 2 Sidoarjo telah berupaya untuk meningkatkan citra positif sekolah khususnya melalui media sosial karena mengikuti perkembangan teknologi.
This research aims to determine public relations strategies through digital literacy to improve the positive image of SMK PGRI 2 Sidoarjo. This research uses a qualitative type of research with a qualitative descriptive research approach. Data collection techniques in this research are interviews, observation and documentation. To confirm the research results, data validity techniques using source triangulation were used. This research uses data analysis through data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research results explain that the public relations strategy through digital literacy at SMK PGRI 2 Sidoarjo is generally by forming good and attractive branding on school social media. By sharing achievements and positive activities at school. Then the public relations of SMK PGRI 2 Sidoarjo also carried out promotions, especially during new student registration. Public Relations of SMK PGRI 2 Sidoarjo also tries to establish good communication with students' parents via WhatsApp groups to share information related to the school. Based on this, public relations at SMK PGRI 2 Sidoarjo has made efforts to improve Name : Ayu Sofi Syafitri NIM : 20080314033 Study Program :S1 Office Administration Education Faculty : Economics and Business Name of Institution : Surabaya State University Advisor : Dr. Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd. xv the school's positive image, especially through social media because it follows technological developments