Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk(1) Mendeskripsikan kondisi nilai akademik peserta Bimbingan Belajar dalam mata pelajaran Teori Kejuruan Pemasaran di LBB Epsilon Gresik (2) Mengetahui kontribusi keikutsertaan bimbingan belajar dan motivasi belajar baik secara parsial maupun simultan terhadap nilai akademik siswa di LBB Epsilon Gresik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII jurusan LBB Epsilon Pemasaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Seperti untuk menguji analisis data menggunakan validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji linier berganda.
Dalam penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Kondisi nilai akademik siswa SMK kelas XII Jurusan Pemasaran di LBB Epsilon mengalami peningkatan setelah mengikuti bimbingan belajar. (2) Varibel keikutsertaan bimbingan belajar berpengaruh positif signifikan terhadap nilai akademik di LBB Epsilon Gresik. (3) Variabel motivasi beajar berpengaruh positif signifikan terhadap nilai akademik di LBB Epsilon. (4) Varibel keikutsertaan bimbingan belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap nilai akademik di LBB Epsilon.
Kata kunci: Keikutsertaan Bimbingan Belajar, Motivasi Belajar, Nilai Akademik
The purpose of this study was to (1) describe the condition of the academic value of participants Tutoring in subjects Theory of Vocational Marketing in LBB Epsilon Gresik (2) Knowing the contribution of participation tutoring and learning motivation either partially or simultaneously to the academic grades of students in LBB Epsilon Gresik,
This research uses descriptive and quantitative approach. Respondents in this study is a class XII student majoring in LBB Epsilon Marketing. Data analysis techniques used in this research is multiple linear regression. As for test data analysis using the validity, reliability, classic assumption test and multiple linear test.
In this study concluded that (1) The condition of a student's academic value of class XII SMK in LBB Epsilon Marketing Department has increased after attending tutoring. (2)Variable participation tutoring significant positive effect on academic values in LBB Epsilon Gresik. (3) Variable motivation beajar significant positive effect on academic values in LBB Epsilon, (4)Variable participation tutoring and learning motivation influence on the academic value in LBB Epsilon.
Keywords: Opt Tutoring, Motivation, Values Academic