EVALUASI KETERLAKSANAAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT PADA SMP NEGERI DI KABUPATEN JOMBANG
Evaluation Of The Performance Of Pencak Silat Extracurrculars At State Junior High Schools In Jombang City
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keterlaksanaan ekstrakurikuler pencak silat di SMP Negeri di kota Jombang. Subyek penelitian yaitu SMP Negeri 1 Jombang, SMP Negeri 1 Diwek dan SMP Negeri 1 Peterongan. Data yang didapat dievaluasi menggunakan deskriptif kualitatif metode analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini adalah ekstrakurikuler pencak silat pada SMP Negeri di kabupaten jombang telah terlaksana dibuktikan dengan aspek evaluasi dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan telah sesuai dengan program sekolah, namun ada beberapa aspek yang harus diperbaiki seperti pada perencanaan, sebaiknya program latihan disesuaikan dengan kebutuhan pertandingan sehingga potensi peserta didik dalam menjadi juara lebih besar. Pada pelaksanaan sebaiknya ketika hujan peserta didik tidak boleh berhenti latihan akan tetapi bisa meminjam ruang kelas dengan syarat menjaga kebersihan dan jika selesai ditata rapi. Pada pengawasan penulis menyarankan agar pihak sekolah lebih memperhatikan apresiasi baik kepada pelatih maupun peserta didik agar lebih semangat dalam berprestasi.
Kata Kunci: Evaluasi Keterlaksanaan, Ekstrakurikuler Pencak Silat, Analisis SWOT.
This study aims to evaluate the implementation of pencak silat extracurricular activities at public junior high schools in the city of Jombang. The research subjects were SMPN 1 Jombang, SMPN 1 Diwek and SMPN 1 Peterongan. The data obtained was evaluated using a qualitative descriptive SWOT analysis method. The results of this study are that the pencak silat extracurricular at public junior high schools in Jombang district has been carried out as evidenced by the evaluation aspects of planning, implementation and supervision that are in accordance with the school program, but there are several aspects that must be improved such as planning, it is better if the training program is adjusted to the needs of the competition so that the potential of students to become champions is greater. In practice, when it rains, students should not stop practicing but can borrow the classroom on condition that it is kept clean and when finished it is arranged neatly. In supervision, the authors suggest that the school pays more attention to appreciation for both coaches and students so that they are more enthusiastic about achieving.
Keywords: Performance Evaluation. Martial Arts Extracurricular.SWOT Analysis