DETERMINAN FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR PADA SANTRI PONDOK PESANTREN BAHUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG
DETERMINANTS OF FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR AMONG STUDENTS OF PONDOK PESANTREN BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor yang dapat mempengaruhi financial management behavior pada santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data bersumber pada data primer yang didapatkan dari 390 responden yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Karakteristik responden pada penelitian ini adalah santri berusia lebih dari 15 tahun, tingkat pendidikan minimal SMA/MA sederajat, dan pemasukan utama berasal dari orang tua. Data yang telah terkumpul diolah menggunakan teknik analisis SEM-PLS (Structural Equation Modelling-Partial Least Square) dengan bantuan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel financial self efficacy dan spiritual intelligence berpengaruh secara positif terhadap financial management behavior. Sedangkan variabel parental income berpengaruh secara negatif. Namun, temuan pada variabel financial literacy, locus ofcontrol, dan peers influence tidak berpengaruh terhadap financial management behavior.
This research aims to investigate the factors that can influence the financial management behavior of students at Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. The study employs a quantitative approach with data sourced from primary data obtained from 390 respondents collected through a questionnaire distribution. The characteristics of the respondents in this study are students over 15 years old, minimum education level is high school or equivalent, and their main income comes from their parents. The collected data was analyzed using the SEM-PLS (Structural Equation Modeling-Partial Least Square) analysis technique with the help of SmartPLS 3.0 software. The results of this study show that the variables financial self-efficacy and spiritual intelligence have a positive effect on financial management behavior. Meanwhile, the parental income variable has a negative effect. However, the findings on the financial literacy, locus of control, and peers influence variables do not affect financial management behavior.