PENGEMBANGAN BOOKLET SEBAGAI PANDUAN WISATA EDUKASI PENDIDIKAN IPS DI TROWULAN JAWA TIMUR
“BOOKLET DEVELOPMENT AS A TOURISM GUIDE FOR EDUCATIONAL SCIENCES EDUCAATION IN TROWULAN EAST JAVA”
ABSTRAK
Nama : Hilda Fatikhah Sari
NIM : 19041344091
Program Studi : S1 Pendidikan IPS
Jurusan : Pendidikan Geografi
Fakultas : Ilmu Sosual dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Sukma Perdana Prasetya, S. Pd., M.T.
Penelitian ini1bertujuan1untuk0mengetahui: 1) Hasil pengembangan1wisata0edukasi melalui booklet yang dapat menjadi panduan wisata edukasi bagi pelajar IPS di SMP 2 Trowulan. 2) Untuk mengetahui tingkat kelayakan panduan wisata edukasi IPS pada pembelajaran IPS di SMP Trowulan. 3)
Untuk1mengetahui1respon siswa terhadap panduan wisata edukasi pada mata pembelajaran0IPS di0SMP0Trowulan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian research and development (R&D). Model1pengembangan Booklet panduan wisata edukasi menggunakan0model 4D yakni (Define, Design,1Develop, dan0Disseminate). Validasi produk dilakukan oleh dua orang ahli media dan ahli materi. Instrumen yang digunakan0untuk kalayakan booklet yakni lembar instrumen validasi ahli media, dan materi, media booklet, serta angket respon siswa. Subjek penelitian yakni siswa-siswi kelas VII SMPN 2 Trowulan. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif0kuantitatif dengan presentase.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) hasil booklet merupakan sebuah buku kecil dan praktis yang didalamnya mencakup materi pada pembeajaran IPS, 2) hasil validasi kelayakan media mendapat presentase sebesar 95%, dan validasi kelayakan materi mendapatkan hasil rerata presetase 90% dengan predikat sangat layak, 3) Sedangkan hasil angket repon peserta didik mendapatkan hasil 92% dengan predikat sangat layak. Berdasarkan1hasil penelitian1dan pembahasan1maka dapat disimpulakan bahwasannya booklet panduan wisata edukasi sangatlah kayak digunkana sebagai alternatif tambahan dalam pemebelajaran IPS.
Kata kunci: Pengembangan Booklet, Pendidikan IPS, Panduan Wisata Edukasi
ABSTRACT
Name : Hilda Fatikhah Sari
Study Program : S1 Pendidikan IPS
Departement : Pendidikan Geografi
Fakulty : Ilmu Sosual dan Hukum
Institute Name : Universitas Negeri Surabaya
Supervisor : Dr. Sukma Perdana Prasetya, S. Pd., M.T.
This1study1aims to find2out: 1) The1results of1the development1of educational tours through booklets that1can be used as educational tour guides for social studies students at SMP 2 Trowulan. 2) To find1out the level1of feasibility of social studies educational tour guides for social studies learning at Trowulan Middle School. 3) To find out1students' responses to educational tour guides in the subjects of IPS at SMPN 2 Trowulan.
This1research uses a type of1research and0development (R&D)1research.1The development0model of the educational travel guide booklet uses the 4D model, namely1(Define, Design, Develop, and Disseminate). Product validation was carried out by two media experts and material experts. The instruments used to qualify the booklet were media expert1validation instrument sheets,0and materials, booklet media,0and student1response0questionnaires.1The research0subjects1were class VII students of SMPN 2 Trowulan.oThe0data0analysis technique was carried out using a quantitative descriptive method with percentages.
The results0of the study show: 1) the results of booklet are a small and practical book that includes material on social studies learning, 2) the0results of the eligibility validation of the media get a0percentage of 95%, and the eligibility validation of the material gets the average percentage result 90% with a very decent predicate, 3) Meanwhile the results of the student response questionnaire get 92% results with a very decent predicate. Based on theeresults of the0research and discussion, it can be concluded that the educational travel guide booklet is very likely to be used asian additional alternative0in social studies learning.
Keyword: Booklet Development, Social Studies Education, Educational Travel Guide