PENERAPAN METODE TAM DAN DELONE AND MCLEAN IS SUCCES UNTUK MENGEVALUASI KEBERHASILAN APLIKASI LAZADA
Application of TAM and DeLone And McLean IS Successful Methods to Evaluate the Success of the E-Commerce
Kepuasan pengguna merupakan faktor yang sangat penting untuk mengevalusi keberhasilan suatu aplikasi. Salah satunya adalah aplikasi Lazada. Lazada merupakan aplikasi yang bergerak dalam bidang jual beli online dan dapat digunakan dengan mudah melalui smartphone. Aplikasi Lazada telah banyak digunakan dan diunduh lebih dari seratus juta pengguna. Namun, saat dikutip dari Katadata.co.id Lazada masih menepati peringkat ke-empat dari e-commerce yang sering dikunjungi. Dengan permasalahan tersebut peneliti ingin mengetahui keberhasilan implementasi aplikasi Lazada. Salah satu faktor keberhasilan suatu sistem adalah dari segi persepsi penggunaanya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetaui variabel yang signifikan terhadap aplikasi Lazada menggunakan metode TAM dan DeLone And McLean IS Succes yang diadopsi dari Laksono (2017) yang mengombinasikan jalur variabel System Quality dan Perceived Ease Of Use, karana menurut Cho & Sagynov (2015) kualitas yang diberikan oleh sebuah website dapat mempengaruhi kemudahan dalam penggunaanya. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif, penyebaran kuesioner secara online menggunakan google form dengan 28 pertanyaan, dan analisis data PLS-SEM menggunakan SmartPLS 3.2.9. Hasilnya dari 8 jalur kolerasi variabel, semua jalur itu dinyatakan signifikan serta diterima sebab nilai Path Coeficient dan T-Statis diatas 0.1 dan 1.96, sedangkan nilai P-Value dibawah 0.07.
User satisfaction is a very important factor to evaluate the success of an application. One of them is the Lazada application. Lazada is an application that is engaged in buying and selling online and can be used easily via smartphones. The Lazada application has been widely used and downloaded by more than one hundred million users. However, when quoted from Katadata.co.id Lazada still ranks fourth from the most frequently visited e-commerce. With these problems, researchers want to know the success of implementing the Lazada application. One of the success factors of a system is in terms of the perception of its use. The purpose of this study is to find out the significant variables for the Lazada application using the TAM and DeLone And McLean IS Success methods adopted from Laksono (2017) which combines the System Quality and Perceived Ease Of Use variable paths, because according to Cho & Sagynov (2015) quality provided by a website can affect the ease of use. This research was conducted using a quantitative approach, distributing questionnaires online using a google form with 28 questions, and analyzing PLS-SEM data using SmartPLS 3.2.9. The result of 8 variable correlation paths, all paths were declared significant and accepted because the Path Coeficient and T-Static values were above 0.1 and 1.96, while the P-Value values were below 0.07.