Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Hasil Belajar Passing Bola Basket
Impact Of TGT Type Cooperative Learning Model On Basketball Passing Learning Outcomes
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament terhadap hasil belajar passing bola basket. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non-randomized control group pre-test post-test design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Karangbinangun Lamongan berjumlah 54 siswa yang terdistribusi ke dalam dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 3. Pengundian kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan cara cluster random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes essay dan observasi. Analisis data menggunakan Uji-t secara manual dengan menggunakan Microsoft excel. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai rata-rata 9,14 dengan standart deviasi 1,36. Sedangkan pada kelompok kontrol memiliki nilai yang berdbeda yaitu memperoleh nilai rata-rata 8,53 dengan standart deviasi 1,14. Melalui hasil analisis Uji t menunjukkan bahwa t-hitung = -1,607 dengan taraf signifikansi adalah <0.05. Dengan demikian maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament yang diterapkan terhadap hasil belajar passing bola basket. Dengan nilai hasil belajar yang meningkat sebesar 53,44% terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola basket (chest pass, bounce pass, overhead pass) pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Karangbinangun Lamongan.
This research was conducted to determine the effect of the cooperative learning model type team games tournament on the learning outcomes of basketball passing. This study is a quasi-experimental study using a non-randomized control group pre-test post-test design. The subjects in this study were students of class XI SMA Negeri 1 Karangbinangun Lamongan totaling 54 students who were distributed into two classes, namely class XI IPS 1 and class XI IPS 3. The draw for the experimental group and the control group was done by cluster random sampling. Learning outcomes data were collected through essay tests and observations. Data analysis using t-test manually using Microsoft excel. In the experimental group, the average value was 9.14 with a standard deviation of 1.36. While the control group has a different value, namely obtaining an average value of 8.53 with a standard deviation of 1.14. Through the results of the t-test analysis shows that t-count = -1.607 with a significance level of <0.05. Thus, it can be concluded that there is a significant effect of learning outcomes from the team games tournament type cooperative learning model that is applied to basketball passing learning outcomes. With the value of learning outcomes which increased by 53.44% to the learning outcomes of basic basketball passing techniques (chest pass, bounce pass, overhead pass) in class XI students of SMA Negeri 1 Karangbinangun Lamongan.