ABSTRAK
KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN PADA APLIKASI GO-HOME (APLIKASI PENGGANTI HANDPHONE) DI SEKOLAH DASAR NEGERI 05 MADIUN LOR KOTA MADIUN
Nama : Erfi Okfiana
NIM : 15040674041
Program Studi : S1 Ilmu Administrasi Negara
Jurusan : Administrasi Publik
Fakultas : Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Fitrotun Niswah, S.AP.,M.AP.
Hal terpenting untuk menuju keberhasilan pembelajaran peserta didik dalam mengikuti pelajaran di sekolah adalah adanya pelayanan pendidikan yang terbaik bagi peserta didik. Pelayanan Aplikasi Go-Home merupakan inovasi pelayanan terbaru yang dimiliki oleh Sekolah Dasar Negeri 05 Madiun Lor Kota Madiun. Pelayanan ini bertujuan untuk mengatasi kekurangoptimalan bahkan tersendatnya komunikasi dari siswa-siswi ke orang tua murid tentang keperluan mereka terkait urusan sekolah selama siswa-siswi berada di lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan secara mendalam dan menganalisis kualitas pelayanan pendidikan pada aplikasi Go-Home (Aplikasi Pengganti Handphone) di Sekolah Dasar Negeri 05 Madiun Lor Kota Madiun.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan fokus penelitian menggunakan teori kualitas pelayanan menurut Kumorotomo 1996 yang terdiri dari Efisiensi, Efektifitas, Keadilan serta Daya Tanggap dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Aplikasi Go-Home merupakan alat komunikasi baru yang lebih tepat fungsi dan sesuai dengan kebutuhan siswa-siswi selama di sekolah, selain itu juga cepat, mudah digunakan dan bertarif relatif murah. Dengan begitu siswa menjadi lebih mudah untuk menghubungi orang tua terkait perubahan jam pulang siswa, selain itu juga bisa menghubungi orang tua terkait ada keperluan sekolah yang ketinggalan, dan juga bisa menghubungi orang tua apabila siswa sakit di sekolah. Dalam hal keadilan petugas bersikap adil dan tidak membeda-bedakan karena aplikasi ini dapat digunakan mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Selain itu petugas juga adil dalam pengganggaran dana untuk pembuatan mesin aplikasi. Petugas juga tanggap dalam memberikan pelayanan, yaitu dengan menerima kritik dan saran dari siswa maupun orang tua wali murid. Sehingga peneliti memberikan saran yaitu perlu menambah jumlah mesin aplikasi, sekolah diharapkan melakukan sosialisasi secara bertahap, diperlukan untuk menambah petugas pengisian pulsa dan juga fitur Om-Jek bisa segera untuk digunakan, juga diperlukan adanya pembaruan agar sinyal lebih kuat serta penambahan fitur wa yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini.
Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Publik
ABSTRACT
QUALITY OF EDUCATIONAL SERVICES ON THE GO-HOME APPLICATION (MOBILE PHONE REPLACEMENT APPLICATION) IN THE ELEMENTARY SCHOOL 05 OF MADIUN LOR MADIUN CITY
Name : Erfi Okfiana
Id Number : 15040674041
Study Program : Bachelor of Public Administration
Department : Public Administration
Faculty : Social and Law
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Fitrotun Niswah, S.AP.,M.AP.
The most important thing to get the learning success of students in attending school is the best educational services for students. The Application Service Go-Home is the latest service innovation owned by Madiun Lor State Elementary School 05 Madiun City. This service aims to overcome the lack of optimization and even the hindrance of communication from students to parents about their needs regarding school matters as long as students are in the school environment. The purpose of this study is to describe in depth and analyze the quality of educational services on the Go-Home Application (Mobile Phone Replacement Application) in Public Elementary School 05 Madiun Lor, Madiun City.
The type of research used is descriptive research with a qualitative approach. While the focus of the study uses the theory of service quality according to Kumorotomo 1996 which consists of Efficiency, Effectiveness, Justice and Response with techniques Purposive Sampling. Data collection techniques through interview techniques, observation, and documentation were analyzed using data analysis techniques according to Miles and Huberman which included data collection, data reduction, data presentation and conclusion drawing.
The results of this study indicate that the Go-Home application is a new communication tool that is more appropriate in its function and in accordance with the needs of students during school, besides that it’s also fast, easy to use and relatively inexpensive. Thus students become easier to contact parents regarding changes in their hours of return, besides that they can also contact parents related to missing school needs, and also can contact parents when students get sick at school. In the justice dimension the officers are fair and do not discriminate because this application can be used from the first grade to the sixth grade, besides that the officers are also fair in budgeting funds for making application machines. Officers are also responsive in providing services, namely by receiving criticism and suggestions from students and parents of student guardians. So that the researchers provide advice, namely the need to increase the number of application machines, schools are expected to carry out socialization in stages, needed to add credit charging officers and also to be used immediately, also needed updates to make the signal stronger and the addition of WhatsApp features in accordance with current technological developments.
Key words : Quality, Service, Public