Praanggapan 「前提」Pada Tuturan Tokoh Utama Dalam Novel 「放課後に死者は戻る」(Bangkitnya Kembali Kematian Sepulang Sekolah) Karya Akiyoshi Rikako
Presupposition of The Main Character's Speech From Novel The Dead Returns After School By Akiyoshi Rikako
Abstrak
Komunikasi digunakan untuk menyampaikan informasi. Namun terkadang tidak semua informasi disampaikan dalam tuturan. Praanggapan digunakan untuk mempraanggapkan peristiwa yang terjadi sebelum suatu tuturan disampaikan, yang diperlukan untuk memahami informasi yang tidak terucapkan dalam tuturan tersebut. Dalam praanggapan terdapat enam jenis praanggapan yaitu praanggapan eksistensial, praanggapan faktif, praanggapan leksikal, praanggapan struktural, praanggapan non-faktif, dan praanggapan konterfaktual. Teori praanggapan utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori oleh George Yule.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praanggapan pada tuturan tokoh utama dalam novel 放課後に死者は戻る(Bangkitnya Kembali Kematian Sepulang Sekolah). Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah novel放課後に死者は戻る(Bangkitnya Kembali Kematian Sepulang Sekolah), sedangkan data yang digunakan adalah tutur kata tokoh utama dalam novel放課後に死者は戻る(Bangkitnya Kembali Kematian Sepulang Sekolah).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 44 data yang mengandung praanggapan di dalamnya. Berdasarkan penanda kalimat yang digunakan dalam data, ditemukan enam jenis praanggapan menurut teori George Yule pada tuturan dalam novel放課後に死者は戻る(Bangkitnya Kembali Kematian Sepulang Sekolah). Keenam jenis praanggapan menurut George Yule terdapat pada tuturan tokoh utama dalam novel放課後に死者は戻る(Bangkitnya Kembali Kematian Sepulang Sekolah) yang terdiri dari 7 data praanggapan eksistensial, 13 data praanggapan faktif, 9 data praanggapan leksikal, 4 data praanggapan struktural, 4 data praanggapan non-faktif, dan 7 data konterfaktual. Pada data menunjukkan bahwa terdapat jenis praanggapan serta praanggapan. Penanda kalimat pada jenis praanggapan membantu dalam menemukan praanggapan melalui peristiwa yang disampaikan dalam tuturan.
Kata kunci: praanggapan, jenis praanggapan, pragmatik, novel
Abstract
Communication is use to convey information. But sometimes not all of the information convey in speech. Presupposition are use to estimate the events that occur before a speech is delivered, which is necessary to understand the unspoken information in the speech. In the presupposition there are six types of presuppositions namely existential presuppositions, factive presuppositions, lexical presuppositions, structural presuppositions, non-active presuppositions, and counterfactual presuppositions. The main presupposition theory used in this study is the theory by George Yule.
This study aims to describe the presuppositions in the main character’s speech from the novel 放 課後 に 死者は 戻 る (The Dead Returns After School). The approach of this study was qualitative research with descriptive research methods. The data source used was the novel 放 課後 に 死者は 戻 る (The Dead Returns After School), while the data used were the speech of the main character in the novel 放 課後 に 死者は 戻 る (The Dead Returns After School).
The results of this study indicates that there were 44 data which contain presuppositions in it. Based on the sentence markers used in the data, six types of presuppositions according to George Yule's theory were found in the speech from the novel放 課後 に 死者は 戻 る (The Dead Returns After School). The six types of presuppositions according to George Yule found in the speech of main characters in the novel 放 課後 に 死者は 戻 る (The Dead Returns After School) which consists of 7 existential presupposition data, 13 factive presupposition data, 9 lexical presupposition data, 4 structural presupposition data, 4 non-factive presupposition data, and 7 counterfactual data. In the data indicates that there are types of presuppositions as well as presuppositions. Sentence markers on the types of presuppositions help in finding presuppositions through events that are conveyed in the speech.