Preferensi dan Persepsi Mahasiswa dalam Menyimak Menggunakan Buku Audio di XReading
Students' Listening Preferences and Perception In Using XReading Audiobook
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan preferensi mahasiswa baru dalam menyimak menggunakan XReading audiobook dan menggambarkan persepsi mahasiswa tentang peningkatan kemampuan bahasa Inggris mereka setelah menggunakan XReading audiobook selama beberapa bulan. Penelitian ini menggunakan metode campuran baik kuantitatif maupun kualitatif untuk mendapatkan kumpulan data. Sebanyak 80 mahasiswa baru yang merupakan pengguna aktif program XReading dilibatkan sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui kombinasi kuesioner pertanyaan tertutup dan terbuka yang dilanjutkan dengan sesi wawancara bagi partisipan yang tidak memberikan jawaban yang jelas. Data hasil kuesioner dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu persentase sedangkan data hasil wawancara ditranskrip dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa lebih memilih untuk melakukan kegiatan membaca sambil menyimak daripada hanya mendengarkan audiobook dan siswa dapat memanfaatkan beberapa fitur yang disediakan dalam XReading audiobook. Selain itu, siswa memiliki respon positif terhadap XReading audiobook karena memiliki beberapa manfaat dan membantu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka terutama keterampilan menyimak.
The aim of this study is to portray freshmen students’ listening preferences when using XReading audiobook and to describe students’ perception about the improvement of their English skills after using XReading audiobook for several months. This study used mixed method, both quantitative and qualitative to get sets of data. 80 freshmen students, who were also active users of XReading program, were involved as subject of the study. The data were gathered through the combination of close-ended and open-ended questionnaire followed by interview session for participants who did not give clear answer. The data from questionnaire were analyzed using descriptive quantitative while the data from interview were transcribed and analyzed qualitatively. The result shows that most students prefer to have reading-while-listening activity rather than only listening to audiobook. Students can also take advantage of some features provided in XReading audiobook. In addition, students have positive responses about XReading audiobook because it has some benefits and is helpful to improve their English skills especially listening skill.