Learning The Periodic System of Elements With Microsoft Teams To Improve Learning Independence
Dalam pembelajaran hybrid di masa pandemic Covid-19 seperti ini, intensitas tatap muka antara siswa dengan guru masih belum kembali seperti semula. Oleh karena itu, peserta didik diharapkan dapat belajar dengan mandiri. Dalam mewujudkan suatu kemandirian belajar juga perlu adanya penggunaan media pembelajaran yang relevan dengan kondisi pembelajaran saat ini. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah Microsoft Teams. Microsoft Teams adalah suatu platform yang dikembangkan oleh Microsoft dan dirilis di tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan Microsoft Teams pada materi system periodic unsur. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIPA 5 SMA Al-Islam Krian Sidoarjo dengan total 37 siswa. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas siswa, angket kemandirian belajar, lembar pengamatan kemandirian belajar, dan angket respon siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas siswa yang relevan selama menggunakan Microsoft Teams sebesar 96%. Kemandirian belajar siswa menunjukkan peningkatan dan siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan Microsoft Teams, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Microsoft Teams dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.
In hybrid learning during the Covid-19 pandemic like this, the intensity of face-to-face meetings between students and teachers is still not fully back to normal. Therefore, students are expected to be able to learn independently. In realizing a learning independence, it is also necessary to use learning media that are relevant to current learning conditions One of the learning media that can be used is Microsoft Teams. Microsoft Teams is a platform developed by Microsoft and released in 2017. This study aims to increase student learning independence by using Microsoft Teams on the material periodic system elements. The research design used is a one group pretest posttest design. This research was conducted in class X MIPA 5 SMA Al-Islam Krian Sidoarjo with a total of 37 students. The research instruments used were student activity observation sheets, learning independence questionnaires, learning independence observation sheets, and student response questionnaires. The results showed that the percentage of relevant student activities while using Microsoft Teams was 96%. Students learning independence has increased and they gave a positive response on the use of Microsoft Teams so that it can be concluded that the use of Microsoft Teams can increase student learning independence.