Multimedia interaktif berbasis android diperlukan sebagai bahan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi ikatan ion. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan (validitas, kepraktisan, dan efektivitas) multimedia interaktif pada materi ikatan ion. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Pendefinisian (Define), Perencanaan (Design), Pengembangan (Develop) dan Penyebaran (Disseminate). Namun dalam penelitian ini dibatasi sampai pada tahap Development (Pengembangan) Thiagarajan dalam Ibrahim (2014). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar validasi media, lembar angket respon peserta didik, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan layak memenuhi 3 aspek yaitu: (1) Validitas isi memperoleh persentase 91,85% dan validitas konstruk memperoleh persentase 89,61% dengan kriteria sangat valid; (2) Kepraktisan meliputi ditinjau melalui angket. Dari hasil angket respon peserta didik diperoleh rentang nilai presentase antara 75%-100% dengan kategori praktis dan sangat praktis; (3) Efektivitas meliputi tes hasil belajar peserta didik. Dalam tes hasil belajar diperoleh N-gain dengan rentang 0,625-1 dengan kriteria skor tinggi dan skor sedang.
Android-based interactive multimedia is needed as a material to improve students' understanding of ionic bonding material. The purpose of this research is to analyze the feasibility (validity, practicality, and effectiveness) of interactive multimedia on ionic bonding material. The type of research used in this study uses the 4D Define, Design, Develop and Disseminate development model. However, this research is limited to the Development stage of Thiagarajan in Ibrahim (2014). The instruments used in this study were media validation sheets, student questionnaire response sheets, student activity observation sheets, and learning achievement test sheets. The results showed that the multimedia developed was worthy of fulfilling 3 aspects: (1) The content validity gained a percentage of 91.85% and the construct validity gained a percentage of 89.61% with very valid criteria; (2) Practicality includes review through a questionnaire. From the results of the questionnaire responses of students obtained a range of percentage values between 75% -100% with practical and very practical categories; (3) Effectiveness includes tests of student learning outcomes. In the test of learning outcomes obtained N-gain with a range of 0.625-1 with high score criteria and moderate scores.