PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS HOTS
PADA MATERI RIAS CIKATRI KELAS
XI SMK NEGERI 2 JOMBANG
DEVELOPMENT OF HOTS-BASED TEACHING MODULES
ON CLASS XI CIKATRI MAKEUP MATERIAL AT
SMK NEGERI 2 JOMBANG
Modul ajar berbasis HOTS ini adalah pengembangan modul ajar yang bertujuan untuk membantu peserta didik terbiasa berfikir kritis dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran dengan adanya bantuan HOTS (berpikir tingkat tinggi) yang diterapkan di modul ajar agar membantu peserta didik terbiasa berfikir kritis dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran.
Tujuan Penelitian untuk mengetahui proses pengembangan modul ajar berbasis HOTS di SMKN 2 Jombang, kelayakan modul ajar, hasil belajar siswa dan respon siswa dalam menggunakan modul ajar berbasis HOTS pada materi rias cikatri. Jenis Penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development). Hasil penelitian mengenai kelayakan modul pembelajaran dari aspek perolehan rata-rata skor struktur modul ajar yakni 92% dan aspek penyusunan modul ajar 88% sehingga secara keseluruhan kelayakan media dapat dikategorikan sebagai “Sangat Layak”. Hasil Penelitian dari hasil belajar siswa pada ranah kognitif dinyatakan mencapai ketuntasan dengan 86,7%. Hasil penilaian dari respon siswa adalah sebesar 93,3 % sehingga dapat dikategorikan 81-100% atau “Sangat Layak”. Hasil ini menunjukkan bahwa pengembangan modul ajar berbasis HOTS sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran sehingga meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif, serta memperoleh respon yang sangat baik dari siswa.
Kata Kunci : Modul Ajar Berbasis HOTS , Rias Cikatri, R&D
The development of this HOTS-based teaching module is the development of a teaching module which aims to help students get used to thinking critically and creatively in learning activities with the help of HOTS (high level thinking) which is applied in the teaching module to help students get used to thinking critically and creatively in learning activities .
The aim of the research is to determine the process of developing HOTS-based teaching modules at SMKN 2 Jombang, the feasibility of teaching modules, student learning outcomes and student responses in using HOTS-based teaching modules on cikatri makeup material. The type of research used is R&D (Research and Development). The results of research regarding the feasibility of learning modules from the aspect of obtaining an average score for the structure of teaching modules are 92% and aspects of preparing teaching modules 88% so that overall media feasibility can be categorized as "Very Feasible". Research results from student learning outcomes in the cognitive domain were declared to have achieved completeness with 86.7%. The assessment results of student responses were 93.3% so they could be categorized as 81-100% or "Very Eligible". These results indicate that the development of HOTS-based teaching modules is very suitable for use as a learning medium so as to improve learning outcomes in the cognitive domain, and obtain very good responses from students.
Keywords: HOTS Based Teaching Module, Makeup Cikatri, R&D