ABSTRAK
Khasanah, Nurul Rosyidati. 2020. Pengaruh Strategi Belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite,
and Review) terhadap Kemampuan Berpikir Analitis dan Hasil Belajar Kognitif
Kelas V Sekolah Dasar . Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana,
Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Prof. Dr. Rusijono, M.Pd., (II) Dr. Waspodo Tjipto Subroto, M.Pd.
Kata Kunci : Strategi
Belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review), Kemampuan
Berpikir Analitis, dan Hasil Belajar Kognitif.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh
strategi belajar PQ4R terhadap kemampuan berpikir analitis dan mendiskripsikan
pengaruh strategi belajar PQ4R terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V
Sekolah Dasar. Penelitian ini penting dilakukan karena siswa SD memerlukan
pelatihan sejak dini untuk belajar berpikir analitis yang bisa dimanfaatkan
untuk membantu mereka dalam memecahkan masalah serta membantu dalam
meningkatkan hasil belajar kognitif melalui penerapan strategi belajar PQ4R.
Strategi belajar PQ4R dapat diterapkan untuk semua pembelajaran yang sifatnya
konsep, hafalan, dan pemecahan masalah, dalam penelitian ini tema pembelajaran
yang digunakan adalah manusia dan lingkungan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan non-equivalent control
group design . Responden penelitian
ini kelas V dengan kelompok eksperimen berjumlah 29 orang dan kelompok kontrol
berjumlah 29 orang. Instrumen menggunakan tes kemampuan berpikir analitis dan
tes hasil belajar kognitif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t
dengan rumus Independent Sample T-Test .
Setelah diberikan
perlakukan hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) Ada pengaruh penerapan
strategi belajar PQ4R (Preview, Question,
Read, Reflect, Recite and Review) terhadap kemampuan berpikir analitis yang dilihat dari hasil uji-t
menunjukkan bahwa nilai thitung adalah 4,217 dan ttabel pada
(df.56) signifikansi 0,05 adalah 0,000, sehingga disimpulkan Ha
diterima dan H0 ditolak karena thitung > ttabel
dengan hasil Sig. 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05. (b) Ada pengaruh penerapan
strategi belajar PQ4R (Preview, Question,
Read, Reflect, Recite and Review) terhadap hasil belajar kognitif siswa
yang dilihat dari hasil
analisis uji - t thitung 2 , 820 dan ttabel pada (df. 56 ) signifikansi 0,05 sebesar 1,671, sehingga
disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak karena thitung > ttabel
dengan hasil Sig. 2-tailed sebesar 0, 007 < 0,05.