Pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan literasi sains. Keterampilan literasi sains terkait dengan kemampuan untuk memperoleh suatu pengetahuan secara mandiri melalui aktivitas manusia. Di Indonesia, kemampuan literasi sains peserta didik masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Oleh sebab itu dibutuhkan sarana penunjang yang membantu peserta didik selama kegiatan pembelajaran dalam melatihkan keterampilan literasi sains. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan dan mendeskripsikan validitas LKPD Keanekaragaman Hayati untuk melatihkan keterampilan literasi sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan metode penelitian model 4D yang terdiri dari 4 tahapan utama meliputi: 1) Define; 2) Design ; 3) Develop; 4) Disseminate, namun tahap disseminate tidak dilaksanakan. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode validasi yang diperoleh berdasarkan hasil penilaian oleh tiga validator terdiri dari dosen ahli pendidikan, dosen ahli materi, dan guru biologi menggunakan instrumen lembar validasi dengan kriteria yang telah ditentukan meliputi kelayakan penyajian, kelayakan isi, kelayakan bahasa, dan kesesuaian LKPD dengan keterampilan literasi sains. Analisis data pada penilitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik dinyatakan sangat valid dengan perolehan skor persentase 90,28%. Berdasarkan hasil penilaian dari aspek validitas LKPD dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran materi keanekaragaman hayati disekolah.
Learning using the 2013 curriculum requires students to have literacy skills. Literacy skills are related to the ability to gain knowledge about independence through human activities. In Indonesia, the literacy ability of students is still relatively low when compared to other countries. Therefore we need supporting facilities that help students during learning activities in practicing literacy skills. The purpose of this research is to produce and describe the validity of LKPD Biodiversity to train students' scientific literacy skills. This research was a development research that used the 4D model research method which was consist of 4 main stages including: 1) Define; 2) Design; 3) develop; 4) disseminate, but the disseminate stage was not carried out. The data collection technique used in this study is to use a validation method obtained based on the results of the evaluation by three validators consisting of educational experts, material expert lecturers, and biology teachers using validation sheet instruments with predetermined criteria including presentation eligibility, content eligibility, feasibility language, and the suitability of LKPD with science literacy skills. Data analysis in this research uses quantitative descriptive. The results of the validity of the student worksheet are very valid with the approval score percentage of 90.28%. Based on the results of the assessment of aspects of the validity of LKPD it can be concluded that the LKPD developed is feasible to be implemented in learning biodiversity materials at school.