IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM MATA PELAJARAN PJOK DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN BOJONEGORO
ABSTRAK
IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA(P5)
DALAM MATA PELAJARAN PJOK DI SMA NEGERI SE- KABUPATEN
BOJONEGORO
Nama : Romadhona Dwi Novitasari
Nim : 20060464142
Program Studi : S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Fakultas : Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Nanik Indahwati, S.Pd., M.Or.
Pelaksanaan implementasi P5 yang tidak konsisten dapat menyebabkan hasil yang
tidak merata diberbagai sekolah atau wilayah, perbedaan berbagai pendapat terkait
tentang bagaimana materi pembelajaran Pancasila harus disusun dan diintegrasikan ke
dalam kurikulum, evaluasi yang tidak efektif, partisipasi dan keterlibatan peserta didik
yang rendah dalam pelaksanaan program.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Projek Penerapan Profil
Pelajar Pancasila dalam mata pelajaran PJOK di SMA Negeri se-Kabupaten Bojonegoro
pada guru PJOK dan mengidentifikasi kendala–kendala yang terjadi pada mata pelajaran
PJOK saat mengimplementasikan P5. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik yang digunakan yaitu
wawancara, angket kuesioner, dokumentasi
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat
disimpulkan bahwa, implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dalam
mata pelajaran PJOK di SMA Negeri se-Kabupaten Bojonegoro masuk pada kategori
“cukup”. Faktor pendukung dalam penerapan P5 di mata pelajaran PJOK yaitu, kepala
sekolah, waka, humas, guru mata pelajaran lain, dan siswanya. Faktor penghambat
dalam penerapan P5 di mata pelajaran PJOK yaitu, sarana & prasarana yang kurang
memadai, khususnya di sekolah yang berada di pelosok desa dan dukungan dari internal
atau eksternal.
kata kunci : keterlaksanaan, P5, PJOK
ABSTRACT
IMPLEMENTATION OF THE PROJECT TO STRENGTHEN THE PANCASILA
STUDENT PROFILE (P5) IN PJOK SUBJECTS IN PUBLIC HIGH SCHOOLS IN
BOJONEGORO DISTRICT
Name : Romadhona Dwi Novitasari
NIM : 20060464142
Study Program : S1 Physical Education Health and Recreation
Faculty : Sports and Health Sciences
Name of Institution : Surabaya State University
Advisor : Dr. Nanik Indahwati, S.Pd., M.Or.
Inconsistent P5 implementation can lead to uneven results across schools or regions,
differences of opinion on how Pancasila learning materials should be structured and
integrated into the curriculum, ineffective evaluation, low student participation, and
involvement in program implementation.
This study aims to determine the implementation of the Pancasila Student Profile
Implementation Project in physical education subjects at State High Schools throughout
Bojonegoro Regency for physical education and identify obstacles that occur in physical
education health and recreation subjects when implementing P5. The research method
used in research is quantitative descriptive research. The techniques used are interviews,
questionnaire questionnaires, documentation
Based on the results of research and discussions that have been carried out, it can be
concluded that the implementation of the project to strengthen the profile of Pancasila
(P5) students in physical education health and recreation subjects at State High Schools
throughout Bojonegoro Regency is included in the "enough" category. Supporting factors
in the application of P5 in physical education health and recreation subjects are
principals, waka, public relations, teachers of other subjects, and their
students. Inhibiting factors in applying P5 in physical education health and recreation
subjects are inadequate facilities & infrastructure, especially in schools located in remote
villages, and support from internal or external.
keywords : implementation, P5, physical education health and recreation