ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI MODERNITAS DALAM KOMIK STRIP
MICE CARTOON “INDONESIA BANGET! JILID 3
THE ANALYSIS OF SEMIOTICS MODERNITY REPRESENTATION IN COMIC STRIP MICE CARTOON “INDONESIA BANGET! VOLUME 3”
Tulisan ini dibuat berdasarkan kondisi masyarakat kita yang hidup berdampingan dengan teknologi. Namun
teknologi yang tujuannya membantu untuk mempermudah kehidupan, menjadi penghambat bagi mereka.
Hambatan itu didasari oleh pengetahuan masyarakat kita yang masih minim akan teknologi itu sendiri. Hal
itu di potret jelas oleh Muh. Misrad dalam bukunya Mice Cartoon Indonesia Bnaget Jilid 3, yang sekaligus
menjadi objek dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk menemukan, memaknai, mendeskripsikan
dan menganalisis seperti apa bentuk representasi masyrakat menyikapi modernisasi dalam komik strip Mice
Cartoon Indonesia Banget Jilid 3. Metode penelitian yang digunakan dalam menyusun artikel ilmiah ini
adalah interpretatif dengan jenis data sekunder. Teknik analisis yang digunakan adalah kualitatif dengan
menggunakan teori semiotika oleh Ferdinand Saussure. Teori ini dipilih dengan tujuan agar dapat secara
detail merepresentasikan tanda maupun simbol terkait teknologi yang ada pada komik. Selain itu, teori
Ferdinand De Saussure dipilih karena memiliki pola yang lebih tepat untuk menampilkan atau menjabarkan
sebuah simbol atau tanda dalam komik. Melalui pertanda dan penanda ini, unit analisis akan mengetahui
kemana arah penelitian ini dituju. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya representasi mengenai
beberapa gambaran modernitas masyarakat di sekitar kita yang ditampilkan dan di proyeksikan melalui
tokoh dalam komik Mice Cartoon Indonesia Banget Jilid 3 dalam seri “Cashless Society”. Seperti gaya
hidup di era modernitas, gaya konsumtif yang melekat, kesenjangan digitalyang melekat serta penampilan.
Hasil ini dijunjung pula oleh petanda seperti dialog tokoh, tokoh dalam panel, latar, maupun ekspresi tokoh
yang ditampilkan.
This paper was written based on the condition of our society that lives side by side with technology. But
technology whose purpose is to help make life easier is an obstacle for them. This obstacle is based on the
knowledge of our society which is still minimal about the technology itself. It was clearly photographed by
Muh. Misrad in his book Mice Cartoon Indonesia Bnaget Volume 3, which is also the object of this research.
The purpose of this study is to find, interpret, describe and analyze what forms of representation of society
respond to modernization in the comic strip Mice Cartoon Indonesia Banget Volume 3. The research method
used in compiling this scientific article is interpretive with secondary data types. The analysis technique
used is qualitative using semiotic theory by Ferdinand Saussure. This theory was chosen with the aim of
being able to represent in detail the signs and symbols related to technology in comics. In addition,
Ferdinand De Saussure's theory was chosen because it has a more appropriate pattern to display or describe
a symbol or sign in comics. Through these signs and markers, the unit of analysis will know where this
research is headed. The results of this study indicate that there are representations of several pictures of the
modernity of society around us which are displayed and projected through the characters in the Mice
Cartoon Indonesia Banget Volume 3 comic in the “Cashless Society” series. Such as the lifestyle in the era
of modernity, the inherent consumptive culture, the inherent digital divide and appearance. This result is
also upheld by markers such as character dialogue, characters in the panel, setting, and expression of the
characters display