Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Tradisi Yadnya Karo Suku Tengger Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Bhaitani Tosari Pasuruan
Development of Student Worksheets Based on the Yadnya Karo Tradition of the Tengger Tribe in Social Studies at Bhaitani Junior High School Tosari Pasuruan
ABSTRAK
Dimastiwi, Alifa, Ashadiyah. 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Tradisi Yadnya Karo Suku Tengger Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Bhaitani Tosari Pasuruan. Tesis. Program Studi Pendidikan IPS. Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Harmanto, M.Pd., dan (II) Dr. Wisnu, M.Hum
Kata Kunci: Lembar Kerja, Tradisi Yadnya Karo, Mata Pelajaran IPS
Penelitian ini mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) yang digunakan untuk pembelajaran mata pelajaran IPS dengan kompetensi dasar (KD) 3.2 Menganalisis Pengaruh Interaksi Sosial Dalam Ruang yang Berbeda Terhadap Kehidupan Sosial dan Budaya Serta Pengembangan Kehidupan Kebangsaan pada kelas VIII di SMP Bhaitani Tosari. Materi pada LKPD ini mengacu pada materi IPS di semester ganjl terkait Pluralitas Masyarakat Indonesia. Materi dalam LKPD ini diintegrasikan dengan tradisi lokal Suku Tengger, yakni Yadnya Karo. Pengembangan LKPD ini didasarkan pada kegiatan pembelajaran IPS di SMP Bhaitani Tosari yang masih belum menggunakan bahan ajar berupa lembar kerja serta masih banyak peserta didik yang belum mengenal dan memaknai tradisi leluhur mereka termasuk Tradisi Yadnya Karo Suku Tengger. Sehingga sangat penting tradisi lokal diintegrasikan dalam materi pembelajaran IPS agar peserta didik mampu memaknai kegiatan pembelajaran melalui tradisi lokal di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan studi dokumen, observasi, wawancara, angket validasi dan angket untuk peserta didik yang ditujukan untuk melihat pendapat peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis tradisi Yadnya Karo Suku Tengger, validasi dan tes untuk peserta didik. Sebelum digunakan untuk pembelajaran, dilakukan tahap validasi pada LKPD, yakni validasi media, validasi materi serta validasi oleh ahli pembelajaran atau guru IPS di sekolah. Tahap validasi juga digunakan untuk menganalisis kelayakan LKPD sebelum digunakan dalam pembelajaran.
Hasil penelitian pengembangan LKPD berbasis tradisi Yadnya Karo Suku Tengger pada mata pelajaran IPS di kelas VIII menunjukkan bahwa LKPD berbasis tradisi Yadnya Karo Suku Tengger terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS peserta didik. Selain itu LKPD ini juga membantu peserta didik untuk memaknai kegiatan pembelajaran IPS materi Pluralitas Masyarakat Indonesia serta membantu peserta didik untuk memaknai tradisi lokal yang ada di sekitar lingkungan peserta didik. Peserta didik juga menyatakan senang dan merasa tertarik untuk belajar IPS materi Pluralitas Masyarakat Indonesia menggunakan LKPD berbasis tradisi lokal Yadnya Karo Suku Tengger.
ABSTRACT
Dimastiwi, Alifa, Ashadiyah. 2022. Development of Student Worksheets Based on the Yadnya Karo Tengger Tribe Tradition in Social Studies Subjects at Bhaitani Junior High School Tosari Pasuruan. Thesis. Social Studies Education Study Program. Postgraduate, State University of Surabaya. Supervisor: (I) Dr. Harmanto, M.Pd and (II) Dr. Wisnu, M.Hum
Keywords: Worksheets, Yadnya Karo Tradition, Social Studies
This research develops teaching materials in the form of student worksheets (LKPD) used for learning social studies subjects with basic competencies (KD) 3.2 Analyzing the Effect of Social Interaction in Different Spaces for Social and Cultural Life and Development of National Life in class VIII at Bhaitani Junior High School Tosari. The material in this LKPD refers to the social studies material in the odd semester related to the plurality of Indonesian society. The material in this LKPD is integrated with the local tradition of the Tengger Tribe, namely Yadnya Karo. The development of this LKPD is based on social studies learning activities at Bhaitani Tosari Middle School which still do not use teaching materials in the form of worksheets and there are still many students who do not know and interpret their ancestral traditions including the Yadnya Karo Tradition of the Tengger Tribe. So it is very important that local traditions are integrated in social studies learning materials so that students are able to interpret learning activities through local traditions around their neighborhood.
The development model used in this study uses the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data collection in this study was carried out by document studies, observations, interviews, validation questionnaires and questionnaires for students aimed at seeing students' opinions after using LKPD based on the Yadnya Karo Tengger Tribe tradition, validation and tests for students. Before being used for learning, the LKPD validation stage is carried out, namely media validation, material validation and validation by learning experts or social studies teachers at schools. The validation stage is also used to analyze the feasibility of the LKPD before being used in learning.
The results of research on the development of LKPD based on the Yadnya Karo Tengger Tribe tradition in social studies subjects in class VIII show that LKPD based on the Yadnya Karo Tengger Tribe tradition has proven to be effective in improving student learning outcomes in social studies subjects. In addition, this LKPD also helps students to interpret social studies learning activities regarding the plurality of Indonesian society and helps students to interpret local traditions that exist around the students' environment. Students also expressed pleasure and interest in learning social studies material on the plurality of Indonesian society using LKPD based on the local tradition of the Yadnya Karo of the Tengger Tribe.