IMPLEMENTASI APLIKASI GAME EDUKASI ICANDO UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA FUNGSIONAL BAGI SISWA TUNAGRAHITA
IMPLEMENTATION OF ICANDO EDUCATIONAL GAME APPLICATION TO IMPROVE FUNCTIONAL READING FOR STUDENT WITH INTELLECTUAL DISABILITY
Anak tunagrahita memiliki kemampuan kognitif yang terbatas dan daya abstraksi yang rendah. Cara untuk meningkatkan kemampuan kognitif adalah dengan pembelajaran membaca fungsional. Membaca fungsional adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan teks tertulis secara efektif dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan ini mencakup kemampuan membaca instruksi, dan informasi. Cara yang potensial adalah melalui penggunaan game edukasi ICANDO. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan membaca fungsional dalam implementasi game edukasi ICANDO. Metode penelitian ini menggunakan pre eksperimen dengan desain penelitian One Grup Pre-Test Post-Test yang dilakukan di SLB Bakti Asih Surabaya dengan subjek 6 siswa Tunagrahita kelas 4 Sekolah Dasar. Teknik analisis data ini, menggunakan Uji Wilcoxon dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata sebelum perlakuan sebesar 30 dan setelah diberi perlakuan menjadi 34,8. Dari pengujian statistik Wilcoxon SPSS Pada uji paired t test tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi (P) lebih kecil dari 0.05 (P>0.05) dengan t = 0.026 < 0.05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan game edukasi ICANDO dapat meningkatkan kemampuan membaca fungsional siswa tunagrahita.
Kata Kunci : Tunagrahita, membaca fungsional, game edukasi
Intellectual disability children have limited cognitive abilities and low abstraction power. A way to improve their cognitive abilities is through functional reading. Functional reading is the ability to understand and use written text effectively in everyday life. This includes the ability to read instructions, and information. A potential way is through the use of ICANDO educational game. This research was conducted to describe how to improve functional reading in the implementation of ICANDO educational games. This research method uses a pre-experiment with a One Group Pre-Test Post-Test research design conducted at SLB Bakti Asih Surabaya with the subject of 6 Tunagrahita students in grade 4 elementary school. This data analysis technique, using the Wilcoxon Test with the help of the SPSS version 25 application. The results showed that the average value before treatment was 30 and after treatment it was 34.8. From the Wilcoxon SPSS statistical testing on the paired t test, it shows that the significance value (P) is smaller than 0.05 (P>0.05) with t = 0.026 <0.05 then H0 is rejected and H1 is accepted. Thus it can be concluded that the use of ICANDO educational games can improve the functional reading skills of intellectual disability children.
Keywords : Intellectual disability, functional reading, game education