EKSPLORASI GEOMETRI PADA CANDI BAJANG RATU SEBAGAI BENTUK IMPLEMENTASI ETNOMATEMATIKA
DI SEKOLAH DASAR
GEOMETRIC EXPLORATION AT BAJANG RATU TEMPLE AS A FORM OF ETHNOMATEMATICS IMPLEMENTATION IN ELEMENTARY SCHOOLS
Pembelajaran matematika dapat dikaitkan dengan nilai-nilai budaya kearifan lokal daerah setempat berbasis etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil eksplorasi konsep geometri yang terdapat pada Candi Bajang Ratu dan peran stakeholder pendidikan di Kabupaten Mojokerto terkait dengan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah juru pelihara candi bajang ratu, koordinator dinas pemuda dan olahraga kebudyaan dan pariwisata, koordinator dinas pendidikan, dan guru kelas sekolah dasar. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa: (1) Terdapat konsep geometri dalam Candi Bajang Ratu yang terdiri dari bangun datar (persegi, persegi panjang, trapesium, dan segitiga) dan bangun ruang (limas, balok dan juga kubus); (2) Konsep geometri dalam Candi Bajang Ratu dapat dijadikan alternatif sumber belajar matematika, dimana peserta didik akan diajak belajar tentang sejarah candi tersebut dan khususnya pada konsep geometri untuk mencapai kompetensi dasar yang telah ditentukan.
Kata Kunci: etnomatematika, pembelajaran matematika, geometri, candi Bajang Ratu.
Mathematics learning can be related to ethnomathematics local wisdom local cultural values. This study aims to describe the results of the exploration of geometrical concepts found in Bajang Ratu temple and the role of education stakeholders in Mojokerto Regency related to mathematics learning based on ethnomathematics. In this study using a qualitative approach. The subjects of this study were the keeper of the Bajang Ratu temple, the coordinator of the youth service and cultural and tourism sports, the education service coordinator, and elementary school classroom teachers. The results of the study describe that: (1) There were the geometrical concept in the Bajang Ratu temple consisting of a two-dimensional figure (square, rectangular, trapezoidal, and triangular) and three-dimensional figure (pyramid, beam, and cube); (2) The concept of geometry in Bajang Ratu temple can be used as an alternative source of learning mathematics, where students will be invited to learn about the history of the temple and in particular on the concept of geometry to achieve predetermined basic competencies.
Keywords: ethnomathematics, mathematics learning, geometry, Bajang Ratu temple