Interactive Whiteboard sebagai Assistive Technology dalam Proses pembelajaran Anak Tunagrahita
Abstrak
Perkembangan terbaru dalam teknologi asistif yaitu Interactive Whiteboard (IWB) telah memainkan peran yang menentukan pemenuhan kebutuhan belajar siswa yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan IWB sebagai teknologi asistif dalam pembelajaran anak tunagrahita. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kepustakaan dengan memanfaatkan database literatur elektronik menggunakan strategi pencarian kata kunci, sehingga sumber data yang digunakan berupa sumber data sekunder. Hasil tinjauan literatur menunjukkan bahwa penggunaan IWB memungkinkan pengajar untuk mendukung pengembangan sumber daya, meningkatkan prestasi, memotivasi siswa tunagrahita untuk berinteraksi dengan aspek pembelajaran, menunjukkan keterampilan TIK, dan melibatkan pedagogi di dalam kelas. IWB melibatkan beberapa praktik yang terbukti mampu meningkatkan performa belajar siswa tunagrahita melalui peningkatan minat belajar dan keterlibatan selama proses pembelajaran. Hal tersebut meliputi, 1) konsep pemodelan, proses, dan keterampilan dilakukan dalam berbagai cara; 2) melibatkan interaksi siswa tunagrahita untuk menanggapi pertanyaan dan petunjuk pengajar secara aktif; 3) memberikan umpan balik secara langsung bagi siswa tunagrahita dan pengajar; 4) perkembangan siswa tunagrahita dapat dipantau secara langsung oleh pengajar dan dapat dengan mudah disadari perkembangannya oleh siswa itu sendiri.
Kata Kunci: Papan Tulis Interaktif (IWB), Teknologi Asistif, Tunagrahita
Abstract
The latest development in assistive technology, the Interactive Whiteboard (IWB), has played a decisive role in meeting students diverse learning needs. This research purposes to explore the use of IWBs as assistive technology in the learning of children with disabilities. The method used in this research is a literature study by utilizing electronic literature databases using a keyword search strategy, so that the data sources used are secondary data sources. The results of the literature review show that the use of IWB enables educators to support resource development, improve achievement, motivate students with disabilities to interact with aspects of learning, demonstrate ICT skills, and engage pedagogy in the classroom. IWBs involve several practices that are proven to improve learning performance of students with disabilities through increased interest in learning and engagement during the learning process. These include, 1) modeling concepts, processes, and skills in a variety of ways; 2) engaging the interaction of students with disabilities to actively respond to the teacher's questions and instructions; 3) providing immediate feedback for students with disabilities and the teacher; 4) the progress of students with disabilities can be monitored directly by the teacher and can be easily realized by the students themselves.
Keywords: Interactive Whiteboard (IWB), Assistive Technology, Mental Retardation