Matematika menurut Ruseffendi (dalam Heruman, 2013:1), ialah bahasa simbol-simbol; ilmu deduktif, ilmu tentang pola keteraturan dan terorganisir. Oleh karena itu perlu diberikan media pembelajaran yaitu media permainan kartu MATHCA (Mathematic Cards) untuk membantu siswa belajar matematika. Karena banyak peserta didik yang kurang menyukai matematika karena konsep yang sering dipahami adalah rumus-rumus yang sulit (Prasetyono, 2009:11). Selain itu, belum banyak digunakannya media MATCHA dan serupa menjadi latar belakang penelitian ini di sekolah SDN Benowo 1 Surabaya. Peneletian ini bertujuan untuk membuktikan dan mendeskripsikan pengaruh media permainan kartu MATHCA terhadap hasil belajar materi perkalian dan pembagian pada siswa kelas II SDN Benowo 1 Surabaya.
Penelitian ini berpendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain The Static Group Pretest-Postest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas II SDN Benowo 1 Surabaya. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan kelas yang akan digunakan sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen yang selanjutnya diuji homogenitasnya. Data yang digunakan yaitu hasil belajar siswa, yang diperoleh melalui pretest dan posttest. Data tersebut akan diolah dengan statistik parametrik dan uji-t dua sampel independen.
Hasil dari penelitian ini berdasarkan uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol menggunakan metode konvensional tanpa media dan kelas eksperimen menggunakan media permainan kartu MATHCA. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media permainan kartu MATHCA terhadap hasil belajar. Maka media permainan kartu MATCHA dapat digunakan sebagai alternatif guru merancang pembelajaran matematika yang menyenangkan, serta membantu siswa yang kesulitan dalam proses pembelajaran maupun hasil belajar matematikanya.
Kata Kunci : Kartu MATHCA, Hasil Belajar, Perkalian dan Pembagian
Mathematics according to Ruseffendi (in Heruman, 2013: 1), is the language of symbols; deductive science, the science of orderly and organized patterns. Therefore, it is necessary to provide learning media, namely MATHCA card games (Mathematic Cards) to help students learn mathematics. Because many students who do not like mathematics because the concepts that are often understood are difficult formulas (Prasetyono, 2009: 11). In addition, MATCHA and similar media have not been used as background in this research at the Benowo 1 SDN Surabaya school. This research aims to prove and describe the influence of MATHCA card game media on the learning outcomes of multiplication and division materials in grade II students of SDN Benowo 1 Surabaya.
This research is quantitative approach using experimental research methods with the design of The Static Group Pretest-Postest Design. The study population was all grade II students of SDN Benowo 1 Surabaya. The research sample was taken using purposive sampling technique to determine the class to be used as the control class and the experimental class which were then tested for homogeneity. The data used are student learning outcomes, obtained through pretest and posttest. The data will be processed with parametric statistics and two independent sample t-tests.
The results of this study based on the t-test showed that there were differences in learning outcomes between the control class and the experimental class. The t-test results showed a significant difference in learning outcomes between the control class using conventional methods without media and the experimental class using MATHCA card game media. Based on the results obtained it can be concluded that there is a significant influence between the MATHCA card game media on learning outcomes. Then the MATCHA card game media can be used as an alternative teacher designing fun mathematics learning, and helping students who have difficulty in the learning process and mathematics learning outcomes.
Keywords: MATHCA Card, Learning Outcomes, Multiplication and Division