LITERATURE STUDY: LESSON PLANNING ORIENTED ON PROBLEM BASED LEARNIG FOR 10 GRADE SENIOR HIGH SCHOOL
Model pembelajaran merupakan satu dari sekian banyak penunjang proses belajar mengajar agar pengalaman pembelajaran menjadi efektif. Pengaplikasian model pembelajaran yang cocok pada materi pembelajaran dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa. Tiap materi pembelajaran tidak harus selalu memakai model yang sama. Dalam penyelenggaraannya, SMK keteknikan umumnya memiliki bobot materi yang bersifat analitis dan matematis yang banyak dan pada pengalamannya siswa memerlukan model atau metode pembelajaran yang membantu siswa terkait penerimaan materi yang disampaikan. Sehingga dihasilkanlah penelitian-penelitian yang berhubungan dengan model pembelajaran yang diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam pembelajaran. Dari banyaknya model pembelajaran yang ada peneliti mengambil Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian dilaksanakan, adalah mengkaji dan menganalisis skripsi-skripsi mengenai model PBL demi siswa mencapai nilai yang meningkat. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis studi kepustakaan dengan metode dokumentasi dan menggunakan teknik meta analisis. Dokumentasi sampel untuk jurnal diambil dari skripsi sebanyak 7 (Tujuh) buah skripsi yang terkait dengan topik penelitian. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil nilai Sig. (2-tailed) yakni 0,000<0,05 dan dapat disimpulkan penggunaan RPP dengan model Problem Based Learning pada siswa SMK kelas X terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: Studi Kepustakaan, Problem based learning, Meta Analisis, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Sig. (2-tailed), Hasil Belajar
Learning model is one of many support systems in the realm of teaching and learning process to produce an effective learning experience. A match application of a learning model with its related subject may impact the improvement of learning outcome. It is unnecessary for each subject to use the exact similar learning model. Studies regarding this matter emerge with the expectation of contributing the increase of the output. Out of many models for learning program, Examiner took Problem Based Learning (PBL) for this study. The very study intended to examine and analyzing the collected journals related to the improvement of students’ output by applying PBL as the learning model. This study analyzed using technic called Meta Analysis. Literature Study used documentation as the report. Journal documentation done by using online journal JK-PTB, in total there are 7 (Seven) related journal topics of study. Based on the analysis of Sig. (2-tailed) is 0,000<0,05 and can be concluded that the use of Lesson Plan oriented on Problem Based Learning for 10 grader Senior High School is approved to increased students’ learning result.
Keyword: Study Literature, Problem based learning, Meta Analysis, Lesson Plan, Sig. (2-tailed), Learning Result.