SOCIAL CONSTRUCTION OF BEHAVIOR ADOLESCENT SMOKING IN CLASS STUDENTS VIII AT SMPN 58 SURABAYA
Dalam masyarakat, merokok menjadi isu penting karena berdampak negatif pada kesehatan dan perkembangan remaja. Namun, perilaku merokok yang dilakukan remaja termasuk perilaku menyimpang, karena dianggap tidak sesuai dengan aturan, kebiasaan, nilai dan norma sosial yang berlaku di masyarakat. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab perilaku merokok yang dilakukan siswa serta bagaimana konstruksi sosial dari perilaku merokok yang dilakukan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 58 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan oleh Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua faktor penyebab perilaku merokok siswa, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor Internal meliputi rasa ingin tahu yang tinggi, kebiasaan, ingin menunjukkan identitas diri, pengaruh perasaan positif dan pengaruh emosi. Sedangkan faktor eksternal meliputi, pengaruh keluarga, pengaruh teman sebaya, dan pengaruh iklan rokok. Konstruksi sosial perilaku merokok siswa terbentuk melalui 3 proses yakni, eksternalisasi, obyektivasi, dan internalisasi.
In society, smoking is an important issue because it has a negative impact on the health and development of adolescents. However, smoking behavior by adolescents is considered deviant behavior, because it is considered not in accordance with the rules, habits, values and social norms that apply in society. This research was conducted with the aim of knowing the factors that cause smoking behavior by students and how the social construction of smoking behavior is carried out by class VIII students of SMPN 58 Surabaya.
This study uses a qualitative research approach. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. Determination of informants using purposive techniques. The data analysis technique used was data reduction, data presentation, and conclusions drawn by Miles and Huberman.
The results showed that there were two factors causing students' smoking behavior, namely internal factors and external factors. Internal factors include high curiosity, habits, wanting to show self-identity, the influence of positive feelings and emotional influences. While external factors include, family influence, peer influence, and the influence of cigarette advertisements. The social construction of students' smoking behavior is formed through 3 processes namely, externalization, objectivation, and internalization.