PERANCANGAN MEDIA PROMOSI KERIPIK SINGKONG "RENYAK" UNTUK MEMPERLUAS PASAR DI SURABAYA
AFGHANI CRIP (Keripik Bu Ida Wati) merupakan UMKM yang berdiri dari tahun 2021 berlokasi di Jl. Gayungan I no 26 gang Setu, Surabaya dan bergerak dibidang F&B memproduksi cemilan keripik buah, seperti singkong, talas, dan lain-lainnya. Produksi keripik buah yang dihasilkan juga terjaga kualitas dan rasanya, karena saat proses produksi menggunakan bahan dan metode yang tertakar dan terpilih. AFGHANI CRIP juga telah memiliki pasar dan dikenal di daerah Surabaya dan sekitarnya, akan tetapi AFGHANI CRIP masih belum mempunyai keinginan yang kuat untuk memperluas pasarnya bahkan kurang maksimal dalam menggunakan promosi diplatform online seperti sosial media.
Melihat permasalahan tersebut, Perancang melakukan wawancara untuk pengumpulan data. Wawancara dilakukan secara langsung dengan pemilik AFGHANI CRIP yakni Ibu Ida Wati. Kemudian, data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis matriks SWOT guna untuk menghasilkan media promosi.
Dari perancangan tersebut terbentuklah brand baru yang bernama Renyak, brand ini bergerak sebagai reseller dari UMKM AFGHANI CRIP namun menyasar pada pasar target anak-anak muda SMA sehingga dapat meningkatkan pasar AFGHANI CRIP dan produk yang dijualnya adalah Keripik Singkong rasa Coklat. Media Promosi yang dibuat ada beberapa macam varian, media utamanya adalah Label Kemasan dan Rak Display, lalu pada media pendukungnya ada X Banner, Maskot, Sticker, Gantungan Kunci, Kartu Nama, Jaket, Kantong Plastik, dan Konten Instagram.
Perancangan ini dapat disimpulkan bahwa perancangan media promosi melalui brand Renyak ini diperlukan agar dapat lebih sistematis dalam perluasan wilayah pasar.
AFGHANI CRIP (Bu Ida Wati Chips) is an UMKM that was founded in 2021 and located on Jl. Gayungan I no 26 gang Setu, Surabaya and operates in the F&B sector producing fruit chips snacks, such as cassava, taro, and others. The quality and taste of the fruit chips produced are also maintained because the production process uses measured and selected materials and methods. AFGHANI CRIP also has a market and is well known in the Surabaya area and surrounding areas, however, AFGHANI CRIP still does not have a strong desire to expand its market and is even less than optimal in using promotions on online platforms such as social media.
Seeing this problem, the designer conducted interviews to collect data. The interview was conducted directly with the owner of AFGHANI CRIP, namely Mrs. Ida Wati. Then, the collected data is analyzed using the SWOT matrix analysis method to produce promotional media.
From this design, a new brand was formed called Renyak, this brand operates as a reseller of AFGHANI CRIP UMKM but the target market of young high school students so that it can increase the AFGHANI CRIP market and the product it sells is Chocolate Flavored Cassava Chips. There are several types of promotional media created, the main media are packaging labels and display shelves, then the supporting media are X banners, mascots, stickers, key chains, business cards, jackets, plastic bags, and Instagram content.
It can be concluded from this design that designing promotional media through the Renyak brand is necessary to be more systematic in expanding the market area.