ABSTRAK
INOVASI LAYANAN ANGKUTAN CERDAS SEKOLAH (ACS) BERBASIS APLIKASI DI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN PONOROGO
Nama : Agus Bambang Tri Atmojo
NIM : 15040674035
Program Studi : S1 Ilmu Administrasi Negara
Jurusan : Adminitrasi Publik
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dra. Meirinawati, M.AP.
Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo menciptakan sebuah inovasi pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, inovasi tersebut adalah layanan Angkutan Cerdas Sekolah (ACS) Berbasis Aplikasi. Inovasi ini dilatarbelakangi tingginya angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas bagi pelajar di Kabupaten Ponorogo serta meningkatnya kemajuan teknologi informasi yaitu internet. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Inovasi Layanan Angkutan Cerdas Sekolah (ACS) Berbasis Aplikasi di Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Fokus yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Cook, Mathew, dan Erwin dalam Fadilla (2016) yaitu Leadership (kepemimpinan), Management/ Organizations (Manajemen/Organisasi), Risk Management (Manajemen Resiko), Human Capital (Kemampuan Sumber Daya Manusia), Technology (Teknologi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan publik di Dinas Perhubungan melalui layanan Angkutan Cerdas Sekolah (ACS) sudah cukup berhasil dan diterima oleh masyarakat, hal tersebut dapat dilihat dari faktor keberhasilan inovasi yaitu faktor Kepemimpinan yang menunjukkan adanya peran dan tanggung jawab seorang pemimpin. Faktor Managemen/Organisasi menunjukkan adanya strategi dalam mengembangkan layanan Angkutan Cerdas Sekolah (ACS) dengan mensosialisasikan layanan ACS ke pelajar. Faktor Managemen Resiko menunjukkan masih ada sebagian driver ACS yang mengangkut penumpang umum. Faktor Sumber Daya Manusia menunjukkan adanya pelatihan khusus staf layanan Angkutan Cerdas Sekolah untuk mengoperasikan layanan Angkutan Cerdas Sekolah (ACS). Faktor Teknologi menunjukkan adanya aplikasi yang dapat diunduh dengan mudah di Playstore sebagai alat pendukung layanan Angkutan Cerdas Sekolah (ACS). Saran dari peneliti untuk layanan ACS adalah perlu diadakan tindakan yang tegas atau sanksi bagi driver ACS yang mengangkut penumpang umum sehingga diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan meningkatkan minat pelajar untuk menggunakan layanan Angkutan Cerdas Sekolah (ACS).
Kata Kunci : Pelayanan, Publik, Inovasi
ABSTRACT
SERVICES INNOVATION OF SMART SCHOOL TRANSPORT (ACS) BASED ON APPLICATION IN THE DEPARTMENT OF TRANSPORTATION OF PONOROGO REGENCY
Name : Agus Bambang Tri Atmojo
Study Program : S1 Administration Science
Department : Public Administration
Faculty : Faculty of Social Sciences and Law
Institution Name : Surabaya State University
Advisor : Dra. Meirinawati, M.AP.
The Department of Transportation of Ponorogo Regency creates an innovative service to improve the quality of service, the innovation is Application-Based Smart School Transport (ACS) service. This innovation is motivated by the high number of accidents and traffic violations for students in Ponorogo Regency and the increasing progress in information technology, namely the internet. The purpose of this study was to describe Application-Based Smart School Transport Services (ACS) at the Ponorogo Regency Transportation Service.
The method used in this research is descriptive qualitative method, while the data analysis technique used is data collection, data reduction, data presentation, drawing conclusions and verification. The focus used in this study uses the theories of Cook, Mathew, and Erwin in Fadilla (2016), namely Leadership, Management / Organization, Risk Management, Human Resources, Technology.
The results of the study show that public service innovation in the Transportation Service through the Smart School Transport Service (ACS) has been quite successful and accepted by the community, it can be seen from the innovation success factors, namely the Leadership factor that shows the role and responsibility of a leader. Management / Organizational Factors indicate a strategy in developing Smart School Transport (ACS) services by disseminating ACS services to students. Risk Management Factors indicate that there are still some ACS drivers who carry public passengers. Factors Human Resources shows that there is special training for the Angkutan Cerdas School service staff to operate the Smart School Transport Service (ACS). Technological factors indicate the existence of applications that can be easily downloaded in Playstore as a support tool for School Smart Transportation (ACS) services. Suggestions from researchers for ACS services are that there needs to be strict action or sanctions for ACS drivers who carry public passengers so that they are expected to improve services and increase student interest in using the School Smart Transportation (ACS) service.
Keywords : Service, Public, Innovation